Gerakan Pemuda (GP) Ansor Riau Gelar Pelatihan Pendampingan UMKM

Advertisements

BUALNEWS.COM — Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) termasuk terdampak akibat Pandemi Covid-19 sebagai upaya membangkitkan kembali salah satu roda penggerak perekonomian Indonesia tersebut, Gerakan Pemuda (GP) Ansor menggelar Pelatihan Pendampingan UMKM.

Program dilaksanakan secara nasional itu diadakan di Pekanbaru Provinsi Riau, Sabtu (30/10/2021). Bekerjasama dengan Bank BNI, kegiatan yang digelar di Pesona Hotel Pekanbaru diikuti peserta yang berasal dari perwakilan Pimpinan Wilayah (PW) GP Ansor Riau maupun perwakilan Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor kabupaten/kota se Provinsi Riau.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pimpinan Pusat GP Ansor Addin Jauharudin, Kordinator Wilayah GP Ansor Dr. Rahmat Tuanku Sulaiman, Ketua PW GP Ansor Riau Purwaji, Kasatkorwil Banser Riau Iim Masduki, Dirut PTPN V, Pimpinan Pertamina MOR I, PT. Pos Indonesia, BNI Riau serta pengurus PW GP Ansor Riau dan Satkorwil Banser Riau.

Pimpinan Pusat GP Ansor Addin Jauharudin menjelaskan, GP Ansor berkomitmen ikut berkontribusi membangkitkan perekonomian Indonesia. “GP Ansor mempunyai jaringan sampai tingkat desa. Secara personal maupun lembaga banyak anggota GP Ansor yang punya usaha,” ucapnya.

Kendati demikian, diakuinya pengembangan UMKM masih terkendala terutama berkaitan dengan permodalan. Melalui kerja sama dengan Bank BNI harapannya persoalan itu terjawab. Dengan begitu, UMKM lebih menggeliat sehingga berdampak positif bagi perekonomian Indonesia lebih baik lagi.

Addin menambahkan, pelatihan ini dinilai sangat penting sebagai upaya memperkenalkan UMKM ke dunia perbankan supaya bisa lebih berkembang. “Bagaimana UMKM bisa mengaskes perbankan. Mungkin mereka bisa dan mampu tapi mungkin belum tahu caranya. Pada forum seperti ini kita kenalkan akses perbankan agar lebih familiar,” jelasnya.

Baca Juga :  STIE Syariah Bengkalis Jalin Kerjasama dengan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik

Sementara itu, Ketua PW GP Ansor Riau Purwaji menyatakan, meski forum ini dibilang kecil karena jumlah peserta dibatasi namun mereka adalah pengambil kebijakan di wilayah masing-masing. “Yang kita undang dan hadir disini disamping pengurus wilayah juga para Ketua Pimpinan Cabang dan Kepala Satuan Kordinasi Cabang disetiap kabupaten/kota,” ujarnya.

“Kita sedang bergerak maju, bukan soal penguatan militansi kader semata, tapi bagaimana memajukan kemandirian ekonomi kader. Militansi dan kemandrian adalah dua sisi yang tak terpisahkan. Apa yang diikhtiarkan pimpinan pusat Ansor ini patut kita dukung bersama. Semoga Allah memberi kekuatan dan keistiqomahan dalam setiap ikhtiar kita,” pungkasnya. ***

Editor: Wadami

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *