Peran Mahasiswa dalam Sistem Pendidikan Indonesia yang Cemerlang

Advertisements

BUALNEWS.COM — Pendidikan adalah landasan bagi perkembangan masyarakat dan kemajuan suatu bangsa. Pada kenyataannya, pendidikan tidak hanya berkaitan dengan guru dan lembaga pendidikan; mahasiswa juga memainkan peran kunci dalam menentukan masa depan pendidikan. Artikel ini akan membahas mengapa peran mahasiswa dalam menentukan masa depan pendidikan sangat penting dan bagaimana kontribusi mereka dapat membawa perubahan positif dalam sistem pendidikan.

Mahasiswa memiliki peran strategis dalam menggerakkan pendidikan dan inovasi, yang merupakan pondasi utama dalam pembangunan sebuah negara. Dalam era revolusi industri 4.0, Indonesia memerlukan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan teknologi. Mahasiswa berperan dalam mengembangkan dan mengaplikasikan inovasi di berbagai bidang, termasuk teknologi, pertanian, energi terbarukan, dan kesehatan. Kolaborasi antara perguruan tinggi, lembaga penelitian, dan dunia industri dapat didorong oleh peran mahasiswa yang kreatif dan berorientasi pada solusi.

Empat pilar pendidikan yang dicanangkan oleh UNESCO yang saat ini dan kedepannya perlu dikembangkan oleh lembaga pendidikan formal adalah salah satunya pendidikan tinggi, yaitu: (1) Learning to know (belajar untuk mengetahui), (2) Learning to do (belajar untuk melakukan sesuatu), (3) Learning to be (belajar untuk menjadi seseorang), dan (4) Learning to live together (belajar untuk menjalani kehidupan bersama). Pendidikan kita untuk masa kini dan masa depan dituntut untuk mengutamakan peningkatan kualitas kemampuan intelektual dan profesional serta sikap, kepribadian dan moral masyarakat Indonesia pada umumnya. Dengan demikian, masyarakat Indonesia dapat memiliki peran secara bermartabat di masyarakat dunia di era persaingan pasar bebas saat ini.

Baca Juga :  Pentingnya Ekonomi Sehat dan Kuat bagi Negara Indonesia

Dengan mengintegrasikan inovasi, kreativitas, dan tanggung jawab sosial, mahasiswa memiliki peran krusial dalam membentuk masa depan pendidikan tinggi. Melalui partisipasi aktif dalam pembelajaran, proyek riset, dan kegiatan sosial, mereka menjadi pionir perubahan yang mampu membawa pendidikan tinggi ke tingkat yang lebih tinggi dan relevan untuk tuntutan zaman. Mahasiswa adalah kunci dalam menciptakan fondasi yang kokoh untuk generasi mendatang.

Kesimpulannya, peran mahasiswa dalam menentukan masa depan pendidikan sangatlah penting. Mereka memiliki potensi untuk memengaruhi kebijakan, memunculkan inovasi, dan mempromosikan pendidikan yang lebih inklusif dan berkelanjutan. Dengan keterlibatan aktif, mahasiswa dapat menjadi agen perubahan yang kuat dalam sistem pendidikan mereka. Oleh karena itu, mari bersatu untuk menciptakan masa depan pendidikan yang lebih baik dan lebih cemerlang bagi semua. ***

Penulis: Wirdatul Amani Aziz, Mahasiswi Program Studi Akuntansi Syariah (STIE) Syariah Bengkalis

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *