Perbedaan Antara Ram Dan Rom

Advertisements

Di Era digital ini kita Tidak Dapat Terlepas lagi dengan yang nama nya teknologi,sehingga tentunya sudah menjadi hal yang wajar bagi kita mendengar beberapa perangkat system dari teknologi itu sebelum membeli dan menggunakannya.salah satu contoh nya yaitu Ram Dan Rom Bagi terkadang bagi orang awam dua perangkat keras ini merupakan kompnen yang sama.Etssss Tapi itu salah kedua perangkat ini memiliki bentuk dan beberapa hal yang sangat bsweep belted tires vintage adidas womens sneakers balenciaga sinners hoodie ASU Jerseys rasoio anti irritazione minifalda vaquera el corte ingles ASU Jerseys best jordans adidas solar boost sizing florida state jersey xbox 360 freezing detská zdravotná obuv långa jeanskjolar lsu jersey fahrrad shop fernitz ertolak belakang antar kedua nya sehigga tidak dapat dikategori kan kedua perangkat yang sama.

Oleh sebab itu pembahasan kali ini kita fokus tentang dimana saja letak perbedaan kedua perangkat keras ini yang menjadi kunci utama dari bekerjanya suatu sistem komputer yang kita gunakan dimasa digital ini.

Kita Mulai dahulu untuk mengenal kedua pengertian perangkat ini:

1).Ram(Random Access Memory)

Ram merupakan suatu memori internal CPU yang berbentuk perangkat keras yang terletak motherboard komputer.

Ram bekerja untuk menyimpan data,Program ,dan hasil dari suatu program ketika komputer itu dalam keadan on atau hidup.yang  menerima segala informasi sehingga menjadi suatu instruksi yang berasal dari hardisk yang disimpan sementara di RAM.

Instruksi ini mencakup seluruh kegiatan atau perintah yang sedang digunakan seperti OS atau sistem informasi dan program lainnya seperti aplikasi yang berkapasitas sedang maupun tinggi sesuai yang sedang komputer anda gunakan.segala data informasi sistem ini disimpan sementara di Ram  dalam tanda kutip komputer yang anda gunakan masih dalam keadaan menyala,ketika sudah anda matikan maka segala data tersebut akan hilang.

Baca Juga :  Coaching Clinic Penulisan Artikel Jurnal, Dr H Munzir Utami MA: Jadi Pengakuan Kompetensi

Terus kalau begitu kenapa harus segala data operasi yang kita gunakan di transfer ke ram sebab karena mudah dan cepat untuk membaca data dari ram dibandingkan dengan membacanya dari hardisk.

Oleh sebab itu secara Logic mengapa Ketika merakit komputer atau membeli Hp Ram menjadi perhatian Khusus sesudah Prosesor.sebab dia adalah terminal utama dari lalu lintas data.

2.)ROM (Read Only Memory)

Rom adalah memori non-volatile atau bisa diartikan suatu perangkat yang menyimpan informasi data secara permanen .walaupun dalam keadaan tanpa menggunakan listrik.Rom juga merupakan memori utama komputer,disebut dengan read only memory sebab program dan data yang tersimpan di dalamnya dapat dibaca tetapi tidak dapat ditulis di dalamnya sehingga bersifat privasi.

biasanya pabrik mengisi ROM dengan Program yang tidak dapat diubah.jadi Rom tidak dapat anda program ulang,menulis ulang, atau menghapus  datanya.bisa dikatakan ROM tidak se fleksibel RAM dalam memproses data yang diterimanya.tapi masih ada beberapa rom yang bisa di rubah beberapa point tadi tergantung pabrik yang membuatnya.

Setelah kita membaca kedua penjelasan atau pengertian kedua perangkat ini antar RAM DAN ROM jadi kita dapat disimpulkan beberapa perbedaan dari kedua perangkat ini yaitu:

PERBEDAAN ANTARA RAM DAN ROM

RAM

1.penyimpanan data yang bersifat sementara

2.Memori yang bersifat baca-tulis (dapat dibaca dan ditulis)

3.bersifat fleksibel dalam memproses data.

4.kapasitas penyimpanan mulai dari 1 hingga 256 GB

5.Lebih mahal dari Rom

6.Data yang disimpan bersifat Real time

7.Lebih cepat dari ROM sebab memori yang berkecepatan tinggi

ROM

1.Penyimpanan data yang bersifat permanen

2.Memori bersifat baca saja(dapat dibaca tidak dapat ditulis)

3.Bersifat kaku dalam memproses data.

4.kapasitas penyimpanan mulai dari 4 hingga 8 MB.

Baca Juga :  Apa Itu Pengertian, Fungsi, Kelebihan, kekurangan Dari Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)

5.Lebih murah daripada Ram

6.Data yang disimpan merupakan transfer data dari Ram

7.Lebih lambat dari Ram

Itu tadi lah beberapa perbedaan dari kedua perangkat penyimpanan system yang bersifat memori dalam terciptanya suatu kinerja optimal suatu sistem komputer yang sudah menjadi kebutuhan pokok dalam segala sektor kehidupan manusia di era globalisasi ini .

semoga bermanfaat,sekian terimakasihEditor:nabil

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *