Festival Sungai Bukit Batu Pesona Event Daerah, Kades Mahendra: Agenda Tahunan Resam Melayu

BUALNEWS.COM – Bupati Bengkalis Kasmarni diwakili Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Bengkalis Edi Sakura membuka secara resmi Festival Sungai Bukit Batu yang menjadi Pesona Event Daerah, bertempat di Sungai Bukit Batu, Sabtu (19/02 2021).

Turut hadir pada pembukaan acara Festival Sungai Bukit Batu tersebut selain Kepala Disbudparpora Bengkalis, terlihat juga Camat Bukit Batu Taufik Hidayat, SSTP. MPA, Camat Bandar Laksamana Acil Esyno, SSTP, M.Si, Camat Siak Kecil Daswan, Upika Bukit Batu, Kepala Desa Bukit Batu Mahendra, Ketua Panitia Juwandi.

Selanjutnya hadir juga Wakil Ketua DPRD Bengkalis Sofyan, Anggota DPRD Dapil Bukit Batu Siak Kecil dan Bandar Laksamana antara lain Zuhandi Ketua Komisi I, Febriza Luwu ketua Komisi IV dan Rahmah Yenni, Ketua DPD KNPI Bengkalis Iwan Saputra, Ketua Badan Pengusaha Pemuda Pancasila (BP3) Kabupaten Bengkalis Boby Kurniawan, Ketua LAMR Kabupten Bengkalis Sofyan Said, Perwakilan Ketua LAMR Provinsi Riau, Ketua MUI Kabupaten Bengkalis Amrizal, para pengisi acara dari Fakultas Budaya Universitas Lancang Kuning, para undangan dan ratusan masyarakat sekitar.

Festival tersebut, bertujuan untuk mengembangkan dan membangun potensi sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang ada, serta menunjukkan kualitas pemerintahan desanya yang kreatif dan inovatif. Mudah-mudahan melalui event ini, masyarakat dapat mengenal lebih luas lagi ragam potensi yang ada di desa ini.

Bukan hanya potensi tetapi juga bagaimana bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk berkunjung dan berwisata disini, dengan harapan mampu menimbulkan multiplier effect terhadap pembangunan berbagai sektor di Desa Bukit Batu ini kedepannya.

Pada kesempatan itu, Edi Sakura mengatakan, festival ini merupakan salah satu cara dalam upaya mewujudkan visi Kabupaten Bengkalis bermarwah, maju dan sejahtera, salah satu fokus pembangunan kita kedepannya juga adalah mengembangkan sektor-sektor pembangunan yang berbasis renewable resources, terutama pada sektor pariwisata. Karena sektor pariwisata dapat menjadi lokomotif ekonomi baru bagi masyarakat dan menjadi sumber pendapat asli desa.

Sementara itu, ia juga memberikan apresiasi kepada Kecamatan Bukit Batu Bengkalis yang telah menyelenggarakan festival ini. Semoga ikhtiar kita semua, dalam melestarikan dan mengembangkan seni, budaya, sejarah, wisata, produk unggulan serta berbagai potensi lainnya, merupakan wujud partisipasi, wujud kebersamaan dalam membangun Desa Bukit Batu yang bermarwah, maju dan sejahtera, menuju desa wisata nasional.

“Mudah-mudahan melalui festival ini, roda perekonomian masyarakat Desa Bukit Batu dapat berputar semakin maju. teruslah berkreasi dan berinovasi guna menggapai prestasi puncak pembangunan desa bukit batu ini. tidak lupa juga, tetap patuhi dan laksanakan protokol kesehatan secara ketat,” ucap Edi.

Kepada Pemerintah Desa untuk tetap, optimalkan penggunaan bantuan dana desa tersebut nantinya secara baik, tentunya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. bangun komunikasi, koordinasi, sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak, baik dengan dunia usaha, akademisi, pelaku usaha, maupun komunitas yang ada di desa, pesan Edi.

Sementara itu Kepala Desa Bukit Batu Mahendra bertekad akan terus melaksanakan kegiatan ini setiap tahunnya, demi membangkitkan kembali semangat dan sejarah Datuk Laksamana Raja Dilaut, maupun adat resam Melayu Bukit Batu.

“Insya Allah tahun depan kami akan mengagendakan Festival Sungai Bukit Batu ini dengan kegiatan yang lebih besar lagi, oleh karena itu kami sangat berharap dukungan dari semua pihak, baik dari BUMN, perusahaan swasta, terutama Pemkab Bengkalis melalui Disbudparpora, agar acara ini masuk dalam kalender wisata daerah Negeri Junjungan,” tutur Mahendra. ***

 

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.