Jembatan Rupat-Malaysia Bakal Jadi Jembatan Terpanjang Dunia, Jaraknya 120 Kilometer

Advertisements

BUALNEWS.COM — Pulau Sumatera Indonesia dan Tanah Semanjung Malaysia  segera terhubung dengan megaproyek jembatan. Pembangunan jembatan  akan menghubungkan antara Teluk Gong yang berada di Masjid Tanah dengan Riau tepatnya di Dumai.

Rencananya proyek ini akan berupa jembatan, namun tidak menutup kemungkinan juga pembuatan terowongan.

Saat ini akses masuk dari kedua negara masih melalui laut dan udara saja. Oleh karena itu, proyek ini akan menjadi inovasi baru antara kedua negara.

Pemerintah dari kedua negara sudah bertemu untuk merencanakan pembangunan ini. Meskipun masih membahas tentang rancangannya.

Pemerintah Malaysia sudah melakukan pertemuan bagi seluruh instansi pemerintahan guna membahas proyek ini. Bahkan, Pemerintah Malaysia mulai membangun kawasan industri baru di area Masjid Tanah dengan luas 2 hektare.

Saat ini, mega proyek ini masih menjadi pertimbangan Pemerintah Indonesia dan Malaysia untuk pengerjaannya, karena membutuhkan biaya dan waktu yang lama.

Jika rute ini akan dibangun proyek ini dipastikan pasti akan memberikan dampak positif bagi kedua negara baik dari segi perekonomian, pariwisata, dan masih banyak lagi.

Sistem yang akan diterapkan dalam proyek ini adalah konsep “One Belt, One Road” atau biasa dikenal dengan istilah OBOR.

Karena jalurnya yang menghubungkan dua negara, perlu adanya perketatan untuk akses masuk masing-masing negara.

Infrastruktur tersebut juga sudah disiapkan oleh pemertintah jika proyek ini akan jadi dibangun untuk menunjang peraturan masing-masing negara.

Seperti halnya terdapat badan Bea Cukai yang siap menjaga barang-barang yang dibawa masuk oleh pengendara dari Malaysia.

Bukan hanya itu, terdapat infrastruktur penunjang lagi yaitu imigrasi, keamanan, karantina, dan area penyebaran lalu lintas. Infastruktur tersebut diharapkan mampu mengoptimalkan kawasan ini.

Baca Juga :  Kesultanan Melayu Riau, Bagian dari Sejarah Indonesia Atau Malaysia?

Dengan panjang hingga mencapai 120 Kilometer, jembatan ini dapat menjadi salah satu jembatan terpanjang di dunia jika sudah selesai pembangunannya. ***

Editor: Wadami

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *