LAMR Dumai Berkerjasama IAITF Dumai Menggagas Perkuliahan dengan Membuka Konsentrasi CSR

Advertisements

BUALNEWS.COM – Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kota Dumai berkerjasama dengan IAITF Dumai menggagas perkuliahan dengan membuka Konsentrasi Corporate Social Responsibilitiy (CSR) dibawah Program Studi Ekonomi Syariah bagi pemuda dan pemudi Melayu Kota Dumai. Tujuannya adalah lebih awal menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) paham dan mampu mengelola CSR baik untuk internal perusahaan maupun bagi kepentingan masyarakat di sekitar Perusahaan.

Guna menyukseskan dan mewujudkan program ini maka Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kota Dumai berkerjasama dengan Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin (IAITF) Dumai bertempat di Gedung LAMR Kota Dumai, Jalan Putri Tujuh, Kecamatan Dumai Timur melaksanakan forum dialog lebih detail, Selasa (29/08/2023)

Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAMR Dumai, Datuk H Azhar Yazid dalam sambutannya mengatakan rencana program ini sudah dimatangkan bersama IAITF Dumai sejak dilaksanakan MoU antara IAITF Dumai dan LAMR Dumai beberapa waktu lalu.

‘’Alhamdulilah, IAITF Dumai sudah mendalaminya secara kurikulum dan rencana perkuliahannya. Semoga perkuliahaan CSR ini juga bisa memberi kontribusi dan menyiapkan SDM untuk berkarya, berilmu dan bisa bekerja di perusahaan. Dan terima kasih kepada pihak IAITF Dumai sudah bersedia datang ke Gedung LAMR Dumai menjelaskan program perkuliahan ini,’’ ungkapnya.

Tampak juga hadir Ketua Dewan Kehormatan Adat Datuk H. Ujang Ilyas, Ketua Umum DPH LAMR Dumai Datuk Seri Drs Zamhur Egab MM, Sekretaris Umum Datuk Januarizal S.Ag M.Pdi dan sejumlah datuk pengurus dan pengurus kecamatan.

Senada dengan itu, Ketua Umum DPH LAMR Dumai Datuk Seri Drs Zamhur Egab MM mengatakan kalau program ini sangat bagus dalam peningkatan SDM yang memang dipersiapkan untuk paham dan memiliki ilmu tentang CSR. “Dan kita berharap agar dana CSR dari perusahaan juga dapat diberikan untuk membantu pendidikan anak-anak Dumai,” tegasnya.

Baca Juga :  IAITF Dumai Serahkan SK Visiting Lacturer ke Guru Besar dan Pensyarah Internasional dan Nasional

Ketua Yayasan IAITF Dumai, Dr HM Rizal Akbar M.Phil dalam pemaparannya mengatakan awal dari lahirnya program ini merupakan tindak lanjut dari MoU yang sudah disepakati sehingga IAITF Dumai dan LAMR Dumai mengagas perkuliahan mahasiswa di Program Studi Ekonomi Syariah, Konsentrasi Corporate Social Responsibilitiy (CSR).

‘’Kompetensi dicapai dalam pengembangan CSR adalah mampu memiliki kemampuan, pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola potensi CSR yang ada. Sesuai dengan profil lulusan Program Studi Ekonomi Syariah maka para sarjana nantinya akan dibekali dengan pengetahuan, sikap dan keterampilan yang berhubungan dengan pengembangan CSR khususnya kawasan Industri, Perdagangan, Kepelabuhanan dan Jasa,’’ tegasnya didampingi sejumlah dosen.

Program Studi Ekonomi Syariah, Konsentrasi CSR kata Doktor Ekonomi lulusan terbaik Universitas Trisakti Jakarta ini adalah bagian dari melaksanakan visi IAITF Dumai sebagai Institusi terdepan penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi menghasilkan SDM handal dalam mengelola khazanah Pesisir Selat Melaka dalam tatanan Tamaddun Melayu di Asia Tenggara.

‘’IAITF Dumai memiliki kepentingan besar terhadap pengembangan Kota Dumai sebagai kawasan Industri, Perdagangan dan Jasa. Untuk itu, demi tersedianya SDM bagi masyarakat dalam rangka pengelolaan Corporate Social Responsibility (CSR) yang hari ini masyarakat berharap bisa sepenuhnya maksimal khususnya di daerah berada di lingkungan Perusahaan,’’ tegasnya.

Menindaklanjuti hal ini, LAMR Kota Dumai melalui Sekretaris Umum Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAMR Kota Dumai, Datuk Januarizal S.Ag M.Pdi menegaskan melalui LAMR Kota Dumai akan segera merekrut pemuda dan pemudi yang akan menjadi mahasiswa untuk kuliah di Program Studi Ekonomi Syariah, Konsentrasi CSR, IAITF Dumai dengan terlebih dahulu harus mendapat rekomendasi dari LAMR Kota Dumai. ‘’Untuk tahun ini, kuota akan kita batasi cuma 30 orang sesuai dengan penerimaan yang sudah disepakati dengan IAITF Dumai. Oleh sebab itu, mari mendaftar menjadi mahasiswa dengan persyaratan membawa KTP, KK, Ijazah dan mengisi biodata di google form yang sudah disiapkan ke Gedung LAMR Dumai hingga tanggal 15 September,’’ jelasnya. ***

Baca Juga :  Kearifan Ekonomi Serumpun Perdagangan Semokel dan Lintas Batas

Editor: Wadami

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *