Soal Pj GubrI, DPRD Riau Terbuka Terima Aspirasi,Pengajuan masih Berproses

Advertisements

BUALNEWS.COM — DPRD Riau terrbuka menerima aspirasi dari masyarakat Riau soal siapa Penunjukan Pejabat (PJ) Gubernur Riau untuk mengantikan Gubernur Riau sekarang, H Syamsuar. Saat ini mekanisme penunjukan sedang berjalan di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Riau.

Komisi I DPRD Riau melalui Sekretaris Komisi Abdul Kasim mengungkapkan dimana DPRD Riau terbuka terhadap seluruh masyarakat Riau, dalam proses pengusulan Pj Gubernur Riau.

Apalagi kata Abdul Kasim, pembahasan usulan nama calon Pj Gubernur Riau merupakan kewenangan masing-masing fraksi yang ada di DPRD Riau.

Fraksi sendiri tentunya mengikuti arahan dari partai politik, karena fraksi adalah perpanjangan tangan partai di DPRD.

“Kami saja belum tahu siapa yang akan jadi Pj, karena kami baru menyelesaikan tahapan mekanisme pengusulan,” kata Abdul Kasim, Rabu (7/9/2023).

Nantinya, kata Abdul Kasim, masing-masing fraksi akan mengusulkan tiga nama, dan dari tiga nama itu akan dikaji oleh Panitia Khusus (Pansus), dan Pansus akan menyampaikan hasil kajian itu kepada pimpinan.

Selanjutnya, pimpinan akan mengirimkan nama ini kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan keputusan siapa yang akan jadi Pj Gubernur Riau adalah hak prerogatif presiden.

Abdul Kasim memahami, memang isu usulan Pj Gubernur Riau sangat hangat hari ini, bahkan di setiap kedai kopi, banyak yang sudah memetakan siapa yang akan jadi Pj Gubernur Riau.

“Kami sangat terbuka atas masukan, dan kami mengimbau elemen masyarakat lainnya menyampaikan masukan yang objektif,” kata Abdul Kasim. ***

Editor: Wadami

Baca Juga :  Calon DPD RI No 20, Rizal Akbar Unggul Suara di Sebagian Besar TPS Kawasan Riau Pesisir

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *