ADWI 2023 : Direktur Kemenparekraf Takjub dengan Pesona Desa Bukit Batu

Advertisements

BUALNEWS.COM — Desa Wisata Bukit Batu yang terletak di Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau menerima kunjungan Tim Penjurian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) ekovir 800 johnlee gains 2023.

Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf Indra Ni Tua berkesempatan hadir dalam rangka Penyematan Desa Wisata Bukit Batu menjadi salah satu nominator 75 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023, Minggu (23/07/2023).

Turut hadir Bupati Bengkalis yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Andris Wasono, Kepala Dinas Pariwisata Riau Roni Rakhmat, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bengkalis Edi Sakura dan Camat Bukit Batu Acil Esyno. Dalam rangkaian kunjungan Menparekraf dan Tim Penjurian ADWI 2023 (Prof Azril Azhri dan Udi Hartoko).

Desa Wisata Bukit Batu mempunyai keunggulan pada heritage yang bernilai sejarah sangat tinggi, berpadu dengan kekhasan budaya Melayu yang sangat kental di masyarakat. Bukit Batu mempunyai tagline Revive Culture Living Together yaitu membangun kebudayaan untuk hidup bersama. Dimana Bukit Batu sudah dikenal sejak 1767-1928 zaman Datuk Laksamana Raja di Laut I-IV dan menjadi sebuah negeri yang berjaya dimasanya.

Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf Indra Ni Tua sangat kagum dengan Pesona Desa Wisata Bukit Batu dari sisi sejarah, kebudayaan dan alamnya.

“Saya membaca literasi tentang Desa Wisata Bukit Batu yang sudah ada pemerintahan sejak tahun 1767 zaman Datuk Laksamana Raja di Laut Pertama ini membuktikan Bukit Batu salah satu desa tertua di Nusantara dan lebih tua dari sejarah berdirinya Negara Amerika.” Tutup Indra

Baca Juga :  SMKN 4 Dumai Gelar Workshop Karya Tulis Ilmiah, Dosen IAITF Jadi Narasumber

Kepala Desa Bukit Batu Mahendra mengucapkan terima kasih kepada rombongan Kemenparekraf yang berkunjung di Desa Bukit Batu.

“Momen ini merupakan bagian dari catatan sejarah penting Bukit Batu, selama desa ini berdiri baru pertama kali dikunjungi Kemenparekraf dan rombongan. Harapan kita semoga desa ini menjadi juara karena statusnya desa dari Riau yang ikut bersaing di nasional.” Ujar Mahendra

Dalam momen ini Ketua Pokdarwis Juwandi memberikan Presentasi tentang Desa Wisata Bukit Batu kepada seluruh yang hadir sebagai bagian dari penilaian ADWI 2023.

“Desa Wisata Bukit Batu mempunyai Visi Misi dan Program Kerja serta target capaian kedepannya. Desa Wisata ini berangkat dari kondisi Covid 19 yang tujuannya membantu kebangkitan ekonomi masyarakat. Dan Alhamdulillah Desa Wisata terus eksis dengan mendapatkan prestasi diantaranya Juara 1 Apresiasi Desa Wisata Riau 2022, 100 terbaik ADWI 2022 dan 75 terbaik ADWI 2023.” tutup Juan. ***

Editor: Wadami

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *