Bambang Susantono Dipilih Jokowi Jadi Kepala IKN, Peluangnya?

Advertisements

BUALNEWS.COM — Presiden Jokowi disebut-sebut akan mengumumkan nama Badan Otorita IKN paling cepat Maret mendatang. Sejumlah nama sudah disebut-sebut dan yang paling santer adalah nama Bambang Susantono. Benarkah?

Sejumlah nama kembali ramai diperbincangkan sebagai kandidat yang nantinya akan dipertimbangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN). Isu kandidat ‘bos ibu kota baru’ kembali mengemuka setelah Jokowi resmi meneken Undang-Undang (UU) Ibu Kota Negara, sebagai tanda dimulainya pembangunan IKN di Kalimantan Timur.

“Iya betul [Maret-April]. Semua nama yang bereda selama ini bisa saja terpilih, tapi lagi-lagi ini hak prerogatif presiden,” kata Tenaga Ahli Kantor Staf Presiden Wandu Tuturoong saat dikonfirmasi, dikutip Senin (21/2/2022). Dalam beberapa waktu terakhir, ada beberapa nama yang diisukan untuk menjadi kepala Badan Otorita IKN, Mulai dari Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Abdullah Azwar Anas, Bambang Brodjonegoro, hingga Ridwan Kamil.

Namun, berdasarkan informasi yang diperoleh CNBC Indonesia, nama Bambang Susantono tiba-tiba mencuat sebagai kandidat terkuat calon pimpinan IKN. Bahkan, ia akan dilantik dalam waktu dekat. Meski demikian, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengaku belum mengetahui kabar terkait pelantikan calon pimpinan IKN dalam waktu dekat. “Belum ada info,” kata Heru singkat saat dikonfirmasi.

Jika merujuk pada UU IKN, Jokowi sendiri memiliki waktu paling lambat 2 bulan untuk memilih kepala beserta wakil kepala IKN setelah payung hukum tersebut diundangkan. CNBC Indonesia sudah menghubungi Bambang. Akan tetapi hingga berita ini diturunkan, Bambang tidak membalas pesan singkat maupun menjawab panggilan telepon. Bambang Susantono bukanlah orang baru di pemerintahan. Sebelumnya, Bambang adalah pelaksana tugas menteri perhubungan, sebelum akhirnya diangkat sebagai wakil menteri perhubungan definitif di Kabinet pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

Baca Juga :  Ketua Umum PBNU Gus Yahya: Pengukuhan Ingin Rasakan Atmosfer Nusantara

Dirinya dikenal sebagai pakar perencanaan infrastruktur dan transportasi. Ia adalah lulusan Fakultas Teknik Sipil buy trenoprime eminence labs in usa ITB pada 1987 dan meraih gelar master tata kota di Universitas California Berkeley. Bambang Susantono bahkan mendapatkan gelar doktor bidang perencanaan infrastruktur dari universitas yang sama pada tahun 2000. Berdasarkan catatan, eks Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia periode 2004-2010 itu memiliki peran penting di Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB). Lembaga donor tersebut menunjuk Bambang Susantono sebagai wakil presiden untuk urusan pengelolaan pengetahuan dan pembangunan berkelanjutan. ***

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *