Belum tahu! Ini 4 Ratu Cantik di Kerajaan Nusantara, Ada Ratu Shima

Advertisements

BUALNEWS.COM — Empat ratu cantik dari kerajaan di nusantara akan dibahas pada artikel ini. Para ratu ini mendampingi sang raja dalam memimpin kerajaannya.

Berikut 4 ratu cantik dari kerajaan di Indonesia:

  1. Ratu Shima

Ratu Shima merupakan seorang ratu cantik dari Kerajaan Kalingga. Ia memiliki gelar Sri Maharani Mahissasuramardini Satyapustikeswara. Ia menikah dengan Kartikeyasinga, pangeran dari Kalingga. Ia diangkat sebagai ratu lantaran suaminya wafat sementara kedua putranya belum siap menjadi raja.

Ratu Shima dikenal sebagai ratu yang tegas dan memperhatikan kesejahteraan rakyatnya. Pada masa pemerintahan Ratu Shima, Kerajaan Kalingga mencapai masa keemasannya dengan mengembangkan sektor pertanian dan perdagangan. Walaupun memiliki sikap yang tegas, namun Ratu Shima sangat dicintai rakyatnya.

  1. Sri Bajradewi

Sri Bajradewi merupakan istri terakhir dari Raja Kertanegara yang memimpin Kerajaan Singasari. Setelah suaminya meninggal, ia menikah dengan Raden Wijaya, kerajaan Majapait. Selain terkenal karena kecantikannya, Sri Bajradewi merupakan perempuan hebat dan setia.

Ia selalu mendampingi suaminya, bahkan ketika terdapat serangan dan ancaman dari luar kerajaan. Bersama Raja Kertanegara, Sri Bajradewi membantu suaminya itu untuk memperluas daerah kekuasaannya hingga Bali.

  1. Ken Dedes

Ken Dedes merupakan salah satu ratu tercantik yang berasal dari Kerajaan Singasari. Ia adalah istri Tunggul Ametung, penguasa Tumapel. Kecantikan yang dimiliki Ken Dedes membuat Ken Arok merebutnya dari Tunggul Ametung. Setelah berhasil membunuh Tunggul Ametung, Ken Arok langsung memperistri Ken Dedes. Ken Arok kemudian mendirikan Kerajaan Singasari.

Ken Arok dan Ken Dedes pertama kali bertemu di Patirtan Watu Gede, Malang. Pada pertemuan itu disebutkan bahwa terdapat bagian tubuh istimewa Ken Dedes yang memancarkan cahaya magis saat Ken Arok melihatnya.

Baca Juga :  Konferwil NU Riau : Banser Riau Siap Kawal Kiyai

Hal itu tertuang dalam suntingan Pararaton. Ken Dedes merupakan perempuan yang memancarkan cahaya magis atau kerap dikenal Nareswari. Ken Dedes dikatakan merupakan seorang wanita utama dan jika laki-laki mempersuntingnya maka dia akan menjadi maharaja.

  1. Thribhuwana Wijayatunggadewi

Thribhuwana Wijayatunggadewi merupakan putri dari Raden Wijaya dan Gayatri. Ia merupakan istri Raja Jayanegara. Setelah Jayanegara meninggal, Thribhuwana naik takhta lantaran tak memiliki putra mahkota. Ia lalu menikah dengan Cakradhara atau Kertawardhana Bhre Tumpel. Thribuwana memerintah sebagai ratu bersama Kertawardhana.

Ia dikenal sebagai ratu cantik dan pemberani. Ia pernah beberapa kali mengikuti peperangan bahkan memimpin pasukan Majapahit berperang. Dalam masa pemerintahannya, ia dibantu oleh Gajah Mada. Thribuwana Wijayatunggadewi pun sempat membawa masa keemasan Majapatih karena pernah menaklukkan beberapa kerajaan yang ada di Nusantara. ***

Editor: Wadami

Next Post

No more post

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *