Bill Gates: Tahun Depan Banyak Ngantor di Metaverse

BUALNEWS.COM — Siapa tak kenal dengan Bill Gates, Founder of Microsoft Bill Gates kembali memprediksikan bahwa tahun depan : akan banyak yang mulai melakukan kegiatan kantor melalui metaverse, dunia online besutan Meta — nama baru Facebook.

Prediksinya, jarang meleset dan kerap prakiraan benar. Gates mencatat bahwa pandemi COVID-19 telah merevolusi tempat kerja, dengan lebih banyak perusahaan yang menawarkan fleksibilitas bagi karyawan yang ingin bekerja dari jarak jauh (work from home atau work from anywhere).

“Perubahan semakin meningkat di tahun-tahun mendatang. Dalam dua atau tiga tahun ke depan, saya memperkirakan sebagian besar pertemuan virtual akan berpindah dari grid gambar kamera 2D ke metaverse, ruang 3D dengan avatar digital,” tulis Gates dalam posting blognya.

Gates menggambarkan bahwa nantinya pertemuan virtual akan dihadiri secara ‘langsung’ oleh karakter pengguna yang berwujud 3D. Pengguna juga bisa saling berinteraksi dengan avatar kolega kerja mereka.

“Idenya adalah Anda akan menggunakan avatar Anda untuk bertemu dengan orang-orang di ruang virtual yang mereplikasi perasaan berada di ruangan yang sebenarnya bersama mereka,” tulis Gates. Tapi, akan sedikit canggung, karena pengguna harus memakai headset dan atau kacamata virtual reality untuk mengarasakan pengalaman tersebut.

Dikutip dari CNBC, Gates yang mengundurkan diri dari dewan Microsoft pada tahun 2020, menambahkan bahwa mantan perusahaannya sedang bekerja untuk menambahkan avatar 3D dan elemen metaverse lainnya. Tentu saja, Gates menekankan butuh waktu dan kemauan dari pengguna sebelum visinya untuk tempat kerja virtual di metaverse menjadi kenyataan.

Pertama-tama, perusahaan teknologi seperti Meta, dan bahkan platform game seperti Roblox dan Minecraft milik Microsoft, masih mengembangkan dunia virtual yang akan membentuk metaverse. Gates juga mengakui bahwa, uuntuk menangkap ekspresi, bahasa tubuh, dan kualitas suara secara akurat, orang akan membutuhkan perangkat teknologi yang mahal, seperti headset VR dan bahkan mungkin sarung tangan untuk menangkap gerakan.

Masih ada beberapa pekerjaan yang harus dilakukan kata Bill Gates, tetapi tidak akan begitu lama sampai akhirnya metaverse membuat pekerjaan jarak jauh terasa semakin dekat. ****

Editor: Wadami

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.