Inilah Contoh Pertanyaan Wawancara Seleksi Program Guru Penggerak

BUALNEWS.COM – Guna mencari guru yang berkualitas untuk dipersiapkan menjadi kepala sekolah maka pemerintah terus melakukan inovasi diataranya melalui guru pengerak. Tahapan demi tahapan pun harus dilalui diataranya adalah tahap seleksi wawancara

Untuk seluruh calon peserta guru penggerak yang dinyatakan lolos tahap I disarankan untuk melihat jadwal seleksi wawancara pada akunnya masing-masing, agar tidak salah jadwal.

Seleksi wawancara ini tentu mempengaruhi proses kelulusan bagi seluruh calon peserta guru penggerak.

Oleh sebab itu harus dipersiapkan dengan matang apa saja yang sekiranya akan dipertanyakan oleh pihak penguji.

Dikutip dari beberapa sumber yang menjelaskan pertanyaan yang sering muncul pada tes wawancara program guru penggerak.

Dalam menghadapi tes wawancara memang sedikit banyak membutuhkan persiapan yang cukup matang, mengingat biasanya akan ada hal tidak terduga dalam proses seleksi ini.

Seperti munculnya rasa nervous, canggung, bingung bagaimana menjawab pertanyaan, dan lain-lain.

Sebagaimana tujuan awal dari adanya program guru penggerak ini yaitu untuk melatih sosok guru sebagai pemimpin pembelajaran yang bisa mendorong tumbuh kembang siswanya agar menjadi profil belajar pancasila.

Jika mengacu pada tujuan tersebut, tentunya pertanyaan yang akan muncul pada saat tes wawancara nanti adalah seputar peran guru.

Beberapa pertanyaan yang akan berpotensi muncul saat tes wawancara seleksi guru pendidikan adalah sebagai berikut.

1. Apa motivasi Anda?

Pertanyaan pertama yang sering muncul adalah apa alasan terbesar yang mendasari calon peserta dalam mengikuti seleksi program guru penggerak tersebut.

Sebaiknya siapkan jawaban yang real terkait dengan alasan apa yang mampu menguatkan tekad untuk tiba di titik ini yaitu tes wawancara.

Semisal, motivasi yang dimiliki adalah bisa mengembangkan diri melalui kegiatan ini dan ingin menjadi bagian dari perubahan yang jauh lebih baik guna mewujudkan tujuan utama dari adanya program guru penggerak.

2. Apa yang dilakukan untuk bisa meningkatkan kualitas diri?

Calon peserta yang nantinya lolos dalam mengikuti program guru penggerak ini nantinya akan diproyeksikan menjadi pemimpin masa depan.

Tentu calon guru penggerak telah mempersiapkan diri dengan matang agar mampu menghadapi dan menyelesaikan setiap tahapan seleksi.

Jika pertanyaan ini muncul, maka jawablah dengan poin-poin pengembangan diri yang telah dilakukan dengan disertai penjelasan yang rinci dan lugas.

Seperti contoh telah menempuh pendidikan SI, SII, atau jalur pendidikan dan pelatihan lainnya yang bisa meningkatkan kompetensi diri.

Atau juga bisa menceritakan keterlibatan dalam berbagai bidang pengajaran sehingga akan mampu meyakinkan penguji bahwa Anda layak untuk diloloskan.

3. Apa kendala selama melaksanakan tugas?

Seorang profesional merupakan sosok yang sebenarnya tahu dimana letak kelemahan dan kelebihan yang dimiliki.

Ketika mendapatkan pertanyaan yang demikian maka coba jawab dengan menceritakan atau menjelaskan kendala apa saja yang selama ini telah dihadapi.

Misalnya adalah dari sarana prasarana yang kurang mendukung kinerja Anda, atau dari rekan kerja yang tidak sejalan, dan lainnya.

Jangan lupa harus berusaha menyiapkan solusi untuk kendala yang Anda hadapi tersebut, karena solusi tersebut pasti akan ditanyakan oleh tim penguji.

Tujuan dari pertanyaan tersebut adalah untuk mengidentifikasi kepribadian Anda, apakah akan menyerah ataukah bisa solutif dengan memberikan contoh jalan keluar yang bisa ditempuh.

4. Adakah dukungan dari pihak luar?

Pertanyaan ini sering muncul dengan tujuan sejauh mana Anda bisa berkolaborasi dengan pihak eksternal dalam proses pengembangan pembelajaran.

Jika Anda memiliki motivasi kuat dari internal lembaga atau satuan, maka keterlibatan eksternal tersebut hanya akan menjadi sebatas penguat saja.

Sebaiknya berikan jawaban dengan menjelaskan beberapa dukungan yang muncul misalkan dari pihak keluarga, teman kerja.

5. Apakah Anda pernah memotivasi orang lain untuk maju?

Memberikan motivasi kepada rekan sejawat bisa ditunjukkan dengan hasil kerja nyata Anda selama ini, baik dalam pembelajaran maupun dalam suasana sehari-hari.

Berikan jawaban secara nyata bentuk motivasi yang diberikan untuk orang lain untuk bisa melangkah maju.

6. Apakah Anda tidak didukung melakukan inovasi?

Pertanyaan ini bertujuan untuk melihat respon Anda ketika tidak mendapatkan dukungan terhadap hal positif yang akan dilakukan di lingkungan kerja.

Ketika tidak mendapatkan dukungan untuk melakukan hal tertentu, maka sebisa mungkin berikan jawaban berupa respon positif dalam menghadapi hal tersebut.

7. Pengalaman terbaik selama menjadi guru?

Setiap guru pasti pernah melakukan hal terbaik untuk para muridnya.

Ketika mendapat pertanyaan ini, berikan penjelasan tegas bahwa terbaik dalam hal ini tidak berarti kognitif saja, tetapi juga bisa dalam bidang lain seperti ekstrakurikuler.

Itulah beberapa contoh pertanyaan yang sering muncul saat tes wawancara program guru penggerak yang bisa dijadikan acuan belajar.

Semoga bermanfaat.***

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *