Tes MotoGP Mandalika Siap Start

BUALNEWS.COM — Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) memastikan kesiapan terakhir sirkuit Mandalika untuk tes MotoGP. Tes pramusim pertama Mandalika siap digelar.

Tes MotoGP Mandalika akan digelar Jumat-Minggu, 11-13 Februari 2022. Ini merupakan tes pramusim terakhir MotoGP 2022, dengan sirkuit Mandalika sendiri akan menjadi seri kedua kejuaraan dunia.

ITDC menyatakan bahwa trek telah siap sepenuhnya untuk menggelar tes resmi. Dari aspek sarana dan prasarana sejumlah telah dituntaskan, yakni pembenahan saluran air (drainase), penambahan ban penahan, pembangunan kantor tim di paddock, penambahan garasi dan penempatan logistiknya, serta pemasangan pagar permanen.

Selain itu, total 338 marshal yang mayoritas adalah putra daerah telah siap bertugas untuk tes MotoGP Mandalika akhir pekan ini. Seluruh marshal telah dilatih secara intensif di bawah koordinasi Ikatan Motor Indonesia (IMI).

ITDC juga telah menangani penempatan petugas-petugas lain, dari panitia, petugas sirkuit, keamanan, hingga kebersihan.

“Alhamdulillah, semua persiapan telah kami lakukan dengan baik sehingga dapat dicapai hasil yang maksimal. Kami terus berkoordinasi secara rutin, khususnya bersama Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) dan IMI untuk kesiapan Race Operation, serta pemerintah daerah baik tingkat provinsi maupun kabupaten untuk kesiapan penunjang lainnya,” ungkap Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria dalam rilis yang diterima detikSport.

Terkait aspek keamanan terkait pandemi COVID-19, ITDC menegaskan skema gelembung diterapkan, dengan wilayah kegiatan dibatasi dan dengan waktu yang ditentukan. Tes PCR juga digelar 2 x 24 jam secara berkala untuk memastikan kondisi seluruh pebalap dan ofisial.

“Kami telah menerima kedatangan para pebalap bersama seluruh kru di The Mandalika. Seluruh proses ini kami siapkan dengan skema bubble yang kami koordinasikan bersama Kementerian Kesehatan melalui tim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19,” ungkap Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis ITDC Arie Prasetyo.

“Hal ini merupakan salah satu upaya kami dalam menekan kemungkinan transmisi COVID-19 di tengah persiapan dan penyelenggaraan perhelatan event balap internasional di Pertamina Mandalika Circuit.”

“Dan kami optimistis, keberhasilan kami dalam mencegah munculnya cluster COVID-19 saat WSBK tahun lalu dapat kami wujudkan kembali. Dengan melihat semua persiapan yang telah dilakukan, kami menyatakan, Bismillah, kami telah siap menggelar Mandalika MotoGP Official Test,” tutup Arie.

Simak terus tayangan MotoGP di TRANS|7 yang merupakan official broadcaster MotoGP, termasuk seri MotoGP Mandalika. Saksikan juga tayangan live streaming race MotoGP di detikSport. ***

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.