Irjen Iqbal Ingin Tunjukkan Pekanbaru Kota Ramah, Hadirkan Budaya Lokal dan UMKM di Bhayangkara Run

Advertisements

BUALNEWS.COM – Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal mengatakan bahwa pelaksanaan Bhayangkara Run akan diisi dengan penampilan budaya lokal dan UMKM. Kegiatan Riau Bhayangkara Run yang dilaksanakan Minggu (6/8) itu salah satunya menampilkan berbagai budaya lokal dari Tanah Melayu.

Menurut mantan Kapolda NTB itu, akan ada penampilan budaya dan UMKM setempat di sepanjang arena.

“Tujuannya untuk mengenalkan pariwisata lokal,” kata Iqbal, Jumat (4/8). “Kami konsenkan juga di UMKM dan pengrajin, sehingga peserta dari luar Riau dapat mengenal adat istiadat dari Bumi Lancang Kuning,” sebutnya.

Sekitar 928 peserta dari luar Riau diharapkan dapat mengisi ruang-ruang ekonomi di Pekanbaru, baik transportasi, penginapan, maupun restoran. Baca Juga: Kapolda Riau Ultimatum Pelaku Karhutla di Dumai, Begini Kalimatnya “Selain peserta dapat sehat dan menikmati Kota Pekanbaru, kami yakin melalui iven ini ekonomi pasti menggeliat. Karena Pekanbaru akan menjadi kota yang ramah, kota kuliner dengan kearifan lokal budaya yang beraneka ragam,” lanjutnya.

Kegiatan ini akan diikuti oleh dua ribu peserta dari dalam maupun luar Riau. 928 peserta datang dari berbagai provinsi seperti Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, NTB, Sulawesi Tenggara, dan Pulau Jawa.

Bahkan salah satu peserta merupakan atlet lari yang pernah berlaga di Sea Games.

Iqbal meyakini kalau pihaknya tak membatasi jumlah peserta. Dia mengatakan yang mendaftar diperkirakan mampu mencapai 10 ribu peserta. Terlebih lagi kegiatan kali ini tidak memungut biaya dari peserta. “Hari ini kan olahraga lari ini menjadi primadona. Lain kali akan kami adakan dengan jumlah yang lebih banyak, tetapi mungkin berbayar,” tutur Iqbal.

Baca Juga :  Kepulauan Nusantara Harmonisasi Persebatian Islam dan Tamadun Melayu

Dia menambahkan menjelang dua hari kegiatan akan dilaksanakan, pihaknya telah mempersiapkan secara matang dari segala aspek, baik komite, manajemen, maupun keamanan. Terdapat tiga kategori yang akan diikuti 2 ribu peserta, yaitu kategori 5 kilometer (K) sebanyak 1000 peserta, kemudian 10 K diikuti 800 peserta, dan kategori 21 K sebanyak 200 peserta. Selain itu total hadiah dari iven ini mencapai Rp195 juta ***

Sumber: ANTARA/JPNN
Editor: Wadami

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *