PENGERTIAN FUNGSI DAN CARA KERJA WEB SERVER

Advertisements

Di era Dunia globalisasi ini peranan teknologi informasi telah mengambil posisi paling utama dalam kehidupan masyarakat kini.Salah satu nya web server yang merupakan suatu bagian penting ketika kita menjelajah seperti di Google,Opera,Atau pun website-website besar lainnya yang telah menjadi Salah satu tujuan utama ketika mencari referensi atau pun pengetahuan di era sekarang.

PENGERTIAN WEB SERVER

Web server adalah sebuah software (perangkat lunak) yang memberikan layanan berupa data.Yang berfungsi untuk menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien atau kita kenal dengan web browser (Chrome, Firefox).Selanjutnya ia akan mengirimkan respon atas permintaan tersebut kepada client dalam bentuk halaman web.

atau secara umum dapat di artikan sebagai perangkat lunak server, atau perangkat keras yang didedikasikan untuk menjalankan perangkat lunak ini,yang dapat memenuhi permintaan klien di World Wide Web. Server web dapat, secara umum, berisi satu atau lebih situs web.Server web memproses permintaan jaringan yang masuk melalui HTTP dan beberapa protokol terkait lainnya.

Web server adalah bagian terpenting dari terbagun nya suatu website yang biasa kita kunjugi.dikarenakan di web server lah segala struktur pemograman web,database,web di simpan agar bisa diakses bahkan banyak orang yang menyamakan bahwa web server merupakan proxy server.

BAGAIMANA CARA KERJA

topologi web server

Secara umum, cara kerja web server adalah dengan cara menerima permintaan yang berasal dari klien kemudian mengirimkannya kembali dalam bentuk berkas kepada klien tersebut.

Baca Juga :  Literasi Merdeka Tol Permai : Tafidu Pers Rangkul Putra Putri Terbaik untuk Indonesia Emas 2045

Perangkat lunak yang digunakan pada web server terdapat di komputer server sebagai tempat menyimpan data-data website. Selain itu, komputer server membutuhkan akses internet yang cukup agar tetap terhubung dan dapat diakses oleh klien.

Ketika klien atau browser melakukan permintaan data ke web server, maka permintaan data tersebut akan dikemas pada Transmission Control Protocol (TCP) kemudian akan dikirimkan ke alamat yang dibutuhkan, misalnya HTTP atau HTTPS.

FUNGSI DARI WEB SERVER

Fungsi utama server web adalah untuk menyimpan, memproses, dan mengirimkan halaman web ke klien. Komunikasi antara klien dan server berlangsung menggunakan Hypertext Transfer Protocol (HTTP). Halaman yang dikirimkan adalah dokumen HTML yang paling sering, yang mungkin termasuk gambar, style sheet dan skrip di samping konten teks Intinya segala media yang akan ditampilkan ketika nantik kita mengunjugi web itu.

ada beberapa Fungsi Lain dari hadir nya web server di dalam kehidupan berselancar di dunia internet yaitu:

1.)Sebagai tempat penyimpanan data dalam berbagai bentuk seperti JavaScript, CSS, HTML, gambar, dokumen, foto, video, dan lain sebagainya.
2.)mengatur dan memproses segala aktivitas permintaan yang diterima agar dapat dibaca pada halaman browser.
3.)membersihkan berbagai cache yang terdapat pada penyimpanan
4.)melakukan pemeriksaan terhadap sistem keamanan yang berasal dari permintaan HTTP berdasarkan kiriman dari klien/browser.
5.)menjamin sistem keamanan pengguna data pada server.

KESIMPULAN

Jadi kesimpulan yang dapat kita rangkum adalah web server merupakan urat nadi dari website yang sekarang menjadi sumber dari segala sumber ilmu kita.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *