Pesona Gunung Kemukus Berubah jadi The New Kemukus

BUALNEWS.COM — Penuh pesona bagi para wisata itulah Gunung Kemukus yang menjadi salah satu destinasi wisata yang berada di Kecamatan Sumberlawang, Sragen, Provinsi Jawa Tengah.

Gunung Kumukus sendiri dulu terkenal dengan lokasi esek-esek untuk mencari pesugihan. Namun kini, Wisata Gunung Kemukus sudah berubah dari citranya.

Kemukus sekarang sudah berubah wajah baru menjadi objek wisata dan menjadi daya tarik wistawan dari kalangan keluarga. Mengusung nama baru, The New Kemukus.

Destinasi wisata di Desa Pendem ini mencoba melepaskan diri dari citra sebagai objek wisata esek-esek yang dulu lekat sekali. Bahkan sampai menghebohkan publik.

Dengan pembangunan infrastruktur di sana-sini, Gunung Kemukus seolah terlahir kembali. Di objek wisata ini, pengunjung akan bisa menikmati fasilitas baru.

Pemandangan alam yang di tawarkan cukup memikat hati pengunjung. Ada waktu terbaik bagi pengunjung The New Kemuksu untuk bisa mendapatkan sensasi keindahan itu, yakni waktu petang.

“Kalau mau ke sana saya sarankan sore dan tidak hujan, itu bagus. Pengunjung bisa menikmati sunset [matahari terbenam] lalu menikmati lampu,” kata I Yusep Wahyudi, melansir Solopos.

Wisata Gunung Kemukus Berubah Menjadi The New Kemukus
Yusep adalah salah satu orang yang berperan besar mengubah Gunung Kemukus menjadi seperti sekarang. Ia getol merevitalisasi Gununng Kemukus sejak menjabat Camat Sumberlawang.

Kemudian menjadi Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga hinga menjadi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sragen, Jawa Tengah.

Dia mengatakan Disparpora telah menyiapkan event untuk memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Sragen pada Mei 2022 di The New Kemukus. Berbagai atraksi seni akan di pentaskan, antara lain pagelaran musik.

Penataan kawasan Kemukus juga tak mengesampingkan kepentingan ekonomi warga sekitar. Di The New Kemukus tersedia selter bagi warga setempat berjualan.

Akses objek wisata juga telah di dukung dengan berbagai fasilitas pendukung transportasi, antara lain halte baru untuk layanan transportasi umum maupun kendaraan pribadi.

Menurut Yusep, Pemerintah Kabupaten Sragen berkomitmen mengembangkan Kemukus dengan semua organisasi perangkat daerah yang terkait mengalokasikan anggaran pada 2022 supaya roda ekonomi Kemukus berpusar.

Pemkab membuat narasi baru Gunung Kemukus dan meluruskan sejarah melalui konten, diorama, dan museum yang lokasinya di bawah Makam Pangeran Samudro.

Para pengunjung dapat berziarah dan mengenal sejarah setempat. Pengelolaan Gunung Kemukus melibatkan warga setempat. Karena kawasan objek wisata menyatu dengan permukiman penduduk. ***

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.