Berikan Pemahaman Tentang Pengembangan Pemukiman, Disperkimnah Gelar Rakor Kelompok Pokja PKP Kabupaten Bengkalis

Advertisements

BUALNEWS.COM — Bupati Bengkalis Kasmarni diwakili Sekretaris Daerah Bustami HY membuka Rapat Koordinasi Kelompok Kerja Pengembangan Perumahan dan Kawasan Permukiman (POKJA PKP) Kabupaten Bengkalis, bertempat di Ballroom Hotel Aston Inn Kota Batam, Jumat (7/10/2022).

Rapat Koordinasi ini ditaja oleh Dinas Perumahan Pemukiman dan Pertanahan melalui Kelompok Kerja Pengembangan Perumahan dan Kawasan Permukiman (POKJA PKP) Kabupaten Bengkalis, dan dihadiri langsung oleh ketua Pokja PKP H Jefridin dan selaku Sekretaris Daerah Kota Batam serta perwakilan Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera III Rizky Mulyadi, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kota Batam Eryudi Apriadi dan Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Bengkalis di wakili Sekretaris Jumiharto.

Kegiatan yang dilaksanakan 7 hingga 8 Oktober 2022 yang diikuti 40 orang peserta ini bertujuan memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang peran dan fungsi kelompok kerja pengembangan perumahan dan kawasan pemukiman dalam penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman.

Dalam sambutannya, Bustami menyampaikan salah satu indikator keberfungsian Pokja PKP adalah menyelenggarakan rapat rutin. Kami dari Pokja PKP Kabupaten Bengkalis telah melakukan rapat koordinasi secara rutin, dan kami juga telah melakukan rapat koordinasi untuk meluncurkan program penanganan sanitasi oleh Bupati Bengkalis dengan jargon “Bermasa” (bersih, nyaman, sanitasi aman).

Bupati Bengkalis Hj Kasmarni diwakili Sekretaris Daerah, Bustami HY membuka Rapat Koordinasi Kelompok Kerja Pengembangan Perumahan dan Kawasan Permukiman (POKJA PKP) Kabupaten Bengkalis,

“Meskipun Pokja PKP Kabupaten Bengkalis telah memenuhi indikator keberfungsian dan keaktifannya, namun untuk penguatan kelembagaan tetap harus dilakukan. Mengingat, perubahan susunan keanggotaan serta adanya pergantian pejabat yang menjadi anggota Pokja PKP menjadi dasar perlunya penguatan kelembagaan tersebut secara berkelanjutan,” ujar Bustami.

Oleh karenanya lanjut Bustami, melalui rapat koordinasi kita hari ini, kami berharap, kepada seluruh peserta, khususnya anggota yang baru bergabung dalam Pokja PKP, dapat memahami peran dan fungsi Pokja PKP dalam penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman.

Baca Juga :  Kominfo Gandeng BSSN dan Polri Selidiki 204 Juta Data KPU Bocor

“Melalui rapat koordinasi ini juga, kita akan melakukan pembelajaran secara horisontal kepada pokja PKP Batam dan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kepulauan Riau, atas berbagai inovasi dan kolaborasi mereka dalam penyelenggaraan perumahan dan kawasan permukiman di Kota Batam. Khususnya penanganan permukiman kumuh skala kawasan di Kelurahan Tanjung Riau,” tegas Bustami.

Sementara itu Kepala Disperkimnah Bengkalis melalui Sekretaris Jumiharto mengatakan melalui pelaksanaan pembelajaran secara horizontal pada kawasan permukiman kumuh di Kelurahan Tanjung Riau ini, saya berharap anggota Pokja PKP Kabupaten Bengkalis dapat lebih bersinergi dalam menyusun dokumen perencanaan pengembangan PKP, khususnya di kawasan permukiman kumuh, sehingga memberikan peluang besar untuk kita bisa mendapatkan dana alokasi khusus pada tahun berikutnya.

“Kepada seluruh peserta, agar dapat mengikuti rapat ini dengan baik dan serius, karena akan mendapatkan penjelasan yang komprehensif dari para narasumber kita yang memang berkompeten dan berpengalaman, serta pembelajaran praktik terbaik. sehingga betul-betul akan berdampak positif terhadap tugas dan fungsi kita, serta dapat berperan secara aktif dalam menyelenggarakan pengembangan perumahan dan kawasan permukiman di Kabupaten Bengkalis,” pesan Jumiharto. ***

Kepala Dinas Perkimnah Bengkalis, Supardi

Sumber: Advetorial Disperkimnah Pemkab Bengkalis

Editor: Er Pakning

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *