Cara Belajar Matematika Dengan Mudah

Advertisements

BUALNEWS.COM – Apa yang membuat anda merasakan saat belajar Matematika? Apakah senang, atau sebaliknya, suntuk? Sebagian kita merasa tertarik, bahkan antusias sekali, saat mengikuti pelajaran MTK (Matematika). Sebagian lagi, sejujurnya, berharap tak pernah harus belajar Matematika seumur hidup. Bagaimana dengan kalian?

Apapun yang dirasakan, pelajaran MTK tak bisa dihindari selama kita sekolah. Kalau begituboss autoradio ab1553 adidas lyngdorf mp 50 hdmi upgrade womens air jordans t shirt gr 98 workout spandex shorts ua old skool lyngdorf mp 50 hdmi upgrade womens air jordans hp 5230 patrone Switzerland best jordans ASU Jerseys gorros invierno mujer ισοθερμικο μπλουζακι stok blow up two person kayak, ada nggak sih, cara belajar Matematika dengan mudah? Nah, cermati enam trik belajar Matematika di bawah ini, untuk mengubah paragdima teman tentang matematika itu sulit.

Pelajari Trik Matematika
Siapa nih, yang suka sama trik cara menghitung cepat? Iya. Kalau ada cara cepat menghitung vektor Matematika, misalnya, kenapa mesti menghabiskan berhalaman-halaman kertas untuk menghitung satu soal saja?

Sekarang ini kita sudah bisa memperoleh berbagai trik cara menghitung cepat secara online. Tapi kalau benar-benar suka pelajaran MTK, lambat laun kita bisa menemukan trik Matematika versi kita sendiri, loh!

Jangan Terlalu Takut Salah
Kenapa kita ogah-ogahan dengan pelajaran MTK? Sebagian alasannya adalah lebih banyak soal yang salah jawab ketimbang jumlah soal dengan jawaban benar. Alhasil, semakin ciut niat kita untuk belajar Matematika. Bahkan kalau ada cara pintar Matematika tanpa harus belajar, nggak bakalan nolak, deh!

Baca Juga :  Perdagangan Semokel dan Lintas Batas

Padahal, kita bisa belajar banyak dari setiap kesalahan yang telah terjadi, Sobat Pintar. Kepoin terus di mana letak kesalahan saat mengerjakan soal sampai kita menghasilkan jawaban benar. Kalau perlu, cari cara mengerjakan soal Matematika secara online. Yang penting, jangan sampai kita kehabisan “bahan bakar” untuk terus belajar Matematika.

Buat Ringkasan Rumus Matematika
Ada begitu banyak rumus Matematika yang harus diingat selama ini. Belum lagi, sebagian kita masih harus belajar Matematika Dasar untuk persiapan seleksi masuk kuliah. Maka, menyusun rapi rumus-rumus Matematika yang telah dipelajari di dalam sebuah buku dapat membantu kita memetakan materi pelajaran, bahkan memahami konsepnya.

Trik Matematika ini cenderung dipengaruhi oleh kebiasaan kita. Kalau terbiasa strategis dan terorganisir, ringkasan rumus-rumus Matematika dapat membantu kita belajar dengan lebih efektif dan efisien. Coba deh, Sobat!

Pahami Konsep
Coba bayangkan. Bagaimana bila ada sebuah buku yang berisi tentang semua rumus Matematika sejak kita masuk sampai lulus sekolah? Jika buku itu ada, barangkali hidup kita akan lebih mudah, ya?

Padahal sebaliknya. Cara belajar Matematika yang terbaik adalah dengan memahami konsepnya alih-alih sekedar menghafal rumusnya. Jadi bila memungkinkan, buatlah buku kumpulan rumus-rumus Matematika versi kita sendiri yang disusun setelah memahami konsepnya. Wah, keren banget nih.

Sering Mengerjakan Latihan Soal
Sudah memahami konsepnya, sudah master rumus-rumus Matematika juga, tapi masih dibuat galau sama pelajaran yang satu ini? Apa yang kurang, nih?

Pelajaran MTK itu butuh latihan. Kita takkan pernah memahami konsepnya bila hanya membaca dan mendengarkan selama belajar Matematika. Jangan tunggu nanti. Segera raih pensilmu!

Jangan Segan Bertanya
Belajar jarak jauh memang tak sama dengan belajar di kelas bersama guru. Tapi kalau memang ada yang belum dipahami saat belajar Matematika, kumpulkan niat dan semangat untuk menghubungi guru dan diskusikan kesulitanmu. Abaikan kendala komunikasi, fokus saja dulu untuk menemukan jalan keluar dari kesulitanmu itu.

Baca Juga :  Kontribusi Mahasiswa di Era Digital

Yang tak kalah penting, tanamkan dalam benak kita bahwa pelajaran MTK itu menarik. Saat jawaban kita salah, saat konsep sulit kita pahami, saat itulah Matematika ingin agar kita mengenalnya lebih dekat. Tertarikkah?

Agar tertarik, jangan buru-buru berhadapan dengan soal yang kompleks. Salah satu cara belajar Matematika dengan mudah adalah dengan belajar dari soal-soal yang sederhana, baru kemudian dilanjutkan dengan soal-soal yang lebih rumit dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Misalnya, Baris dan Deret bisa menjadi langkah awal kita belajar Matematika Dasar. Atau, gunakan Belajar Pintar untuk belajar Matematika secara mandiri. Dimulai dari sekarang dan untuk masa depan.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *