Peran Koperasi Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Masyarakat Pedesaan

Advertisements

BUALNEWS.COM — Koperasi merupakan salah satu bentuk organisasi ekonomi yang dipilih oleh sebagian anggota masyarakat dalam rangka meningkatkan kemajuan ekonomi (rumah tangga) serta kesejahteraan hidupnya. Secara logika sederhana, orang akan memilih Koperasi jika organisasi ekonomi tersebut dirasakan atau diyakini bisa mendatangkan manfaat lebih besar baginya dari pada bentuk organisasi ekonomi lain.

Sebuah Koperasi dikatakan berhasil atau sukses jika mampu meningkatkan kesejahteraan anggotanya. Koperasi dapat mensejahterakan anggotanya, karena ia menciptakan nilai tambah dari usaha mereka. Anggota bisa memperoleh nilai tambah jika mereka mau berpartisipasi dalam Koperasinya. Semakin sering anggota berpartisipasi, semakin besar nilai tambah yang mereka dapatkan. Agar Koperasi dapat memberikan nilai tambah kepada anggota, maka Koperasi itu sendiri harus baik kinerjanya. Dalam hal ini, semakin baik kinerja Koperasi, maka semakin besar kemampuan Koperasi mensejahterakan anggotanya.

Dengan koperasi, masyarakat pedesaan dapat bersatu dan saling membantu dalam mengembangkan potensi ekonominya. Misalnya dengan koperasi, petani bisa bersama-sama membeli pupuk atau alat pertanian dengan harga lebih murah, sehingga hasil panennya bisa maksimal.

Selain itu, koperasi juga dapat memberikan pelatihan dan pendampingan kepada masyarakat pedesaan dalam mengelola usahanya. Dengan begitu, mereka dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuannya dalam berwirausaha. Selain itu, koperasi juga dapat menjadi sarana pemasaran produk lokal masyarakat pedesaan ke pasar yang lebih luas, sehingga pendapatan mereka dapat meningkat.

Koperasi bertujuan memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Tujuan didirikannya koperasi adalah untuk meningkatkan taraf hidup perekonomian para anggota koperasi dan masyarakat sekitar. Untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi anggota koperasi dan masyarakat sekitar. Kami membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara adil dan sejahtera. Hal ini dapat dicapai melalui berbagai kegiatan koperasi desa seperti pemasaran hasil pertanian, pengembangan usaha mikro dan penyediaan sarana produksi dan distribusi.

Baca Juga :  Pola Asuh Keluarga Terhadap Depresi pada Remaja

Koperasi merupakan lembaga ekonomi mikro yang berfungsi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, namun saat ini pemerintah di Indonesia banyak memberikan perhatian terhadap koperasi Program besar ini diharapkan dapat menjadi pilar gerakan sosial ekonomi yang diharapkan dapat menyebar ke masyarakat sosial ekonomi rendah. Keberadaan koperasi tentunya akan membawa angin segar bagi para pengusaha di daerah, terutama yang membutuhkan dana untuk melanjutkan usahanya.

Keberadaan koperasi tentu saja menjadi alat dan jembatan yang harus mampu meningkatkan berbagai kebutuhan dan kesejahteraan para anggotanya. Kepedulian sosial pada koperasi merupakan suatu organisasi yang berdasarkan sistem kekeluargaan yang bertujuan untuk meningkatkan perekonomian nasional, yang penyelenggaraannya berdasarkan prinsip koperasi dan gerakan perekonomian nasional berdasarkan asas kekeluargaan.

Pada dasarnya peraturan perundang-undangan mengenai perkumpulan simpan pinjam sama dengan peraturan bank. Apabila akad tersebut menggunakan akad yang ada dalam pembiayaan syariah, maka perkumpulan simpan pinjam tersebut halal dan diperbolehkan menurut hukum syariah. Namun jika menggunakan akad baku yang mengatur tentang bunga atau penggunaan, maka hukumnya haram. Jika penerapan simpan pinjam dilihat dari sudut pandang hukum Islam, maka dapat dikatakan bertentangan dengan hukum Islam, karena sistem yang digunakan adalah sistem koperasi yang bersifat umum (tradisional), sedangkan dalam Islam tidak diperbolehkan menggunakan sistem koperasi yang umum (tradisional). akta adat. . sistem karena hukumnya haram. lembaga keuangan yang didirikan berdasarkan prinsip gotong royong dan kekompakan. Koperasi terdapat dalam berbagai bidang karena koperasi dapat memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk sukses dan berkembang bersama. ***

Penulis: Nurul Azizah, Mahasiswa STIE Syariah Bengkalis

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *