Kebahagiaan Berbuka

Advertisements

BUALNEWS.COM — Sesuatu yang membahagiakan adalah menunggu waktu berbuka. Itulah suasana dialami zaman anak-anak. Hari ini, terlihat juga bagaimana bahagianya anakKu, kemanakan saat kami bersama menyambut masuknya waktu berbuka hari pertama di tahun 1443 Hijrah atau 2022 masehi.

Kebahagiaan merupakan tujuan hidup bagi seluruh umat manusia. Bahagia tidak bisa diukur dengan jumlah atau panca indera seseorang, melainkan orang tersebutlah yang bisa merasakan kebahagiaan yang ada

Allah SWT sebagai Tuhan seluruh umat pun sudah menjelaskan dalam Q.S. An-Nahl [16]: 97 yang artinya, “Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman, maka sesungguhnya akan kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan sesungguhnya akan kami beri balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik daripada apa yang telah mereka kerjakan”.

Dihari pertama berbuka di bulan Ramadhan 1443 Hijrah/2022 atau tepatnya, Ahad, 3 Maret 2022 pukul 18.26 WIB maka semua juadah menyelerakan sudah tersedia. Sehingga hanya tinggal dipilih dan tidak boleh berlebih-lebihan.

Ada gado-gado, bermacam-macam jenis gorengan, lauk pauk, cendol dan air dingin sirup dicampur dengan air kelapa. Belum lagi, tentu kopi panas atau teh yang juga tersedia maka tinggal dipilih.

Datangnya bulan suci Ramadhan, paling membekas adalah rasa dari kebahagiaan itu sendiri. Bahagia menyambutnya dan bahagia menjalankannya. Bahagia menyambutnya maka sudah dielu-elu begitu memasuki bulan sya’ban, bulan Rajab dan hingga sampai bulan Ramadhan. Doa mohon diberikan kesehatan, kesempatan bertemu bulan Ramadhan dan bisa beribadah didalamnnya adalah sebuah anugerah yang sudah dijanjikan Allah SWT atas pahalanya lebih baik dari seribu bulan.

Baca Juga :  Quo Vadis Kemenangan

Sejak pagi lagi, usai ngaji subuh maka bundanya sudah menyiapkan bahan-bahan apa saja yang akan dibuat untuk juadah berbuka di hari pertama. Seperti kebiasaan maka hari pertama Ramadhan biasanya juadahnya agak spesial dari bermacam ragam.lauk pauk dan minuman. Kalau soal bahan-bahan apa yang mau dimasak maka tiga hari sebelum.Ramadhan sudah didekat-dekat. Tujuannya, biar mudah saat akan memasak apa. Tapi itu tadi tidak berlebih-lebih, tapi.kalau berlebih wajib disedekahkan.

Lagi-lagi Allah SWT maha kaya. Biasanya, dibeberapa pekan ini maka cuaca cukup trik panasnya tapi dihari.pertama Ramadhan maka cuaca sangat bersahabat yaitu mendung dan sorenya sempat hujan. Biasanya, kalau sudah memasuki 1 Ramadhan naka di pagi hari atau di malam harinya hujan. Tahun 1443 Hijarah di kampung kami Allah SWT beri keberkahan dengan hujan gerimis, mendung siangnya dan kembali hujan gerimis di sore harinya. ***

Penulis: Dawami S.Sos M.I.Kom, Dosen IAITF Dumai, Pegiat Lingkar Pojok Literasi dan Jurnalis Senior Wartawan Utama.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *