Menteri Agama dan Ketua PP GP Ansor, H Yaqut Cholil Qoumas Resmikan Rumah Toleransi

BUALNEWS.COM — Menteri Agama Republik Indonesia yang juga merupakan Ketua Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor, H. Yaqut Cholil Qoumas meresmikan Rumah Toleransi PW GP Ansor Riau yang beralamat di Jalan Ahmad Dahlan Pekanbaru, Rabu (23/2) sore.

Hadir dalam acara peresmian tersebut Wakil Gubernur dan Forkopimda Provinsi Riau, kiyai dan ulama’ se Provinsi Riau, Tokoh Agama dari lintas agama dan lintas suku, Ketua-ketua PW Ansor dari provinsi lain, ketua PC Ansor dan Kasatkorcab Banser se Provinsi Riau, Badan Otonom NU, Pemuda Katolik, Pemuda Muhammadiyah dan ratusan undngan lain.

Dalam sambutannya, Ketua PW GP Ansor Riua, Purwaji menyebutkan bahwa dinamakannya sekretariat PW GP Ansor dengan Rumah Toleransi ini bukan karena Riau tidak toleran, tapi justru dengan adanya Rumah Toleransi ini dapat terus mengingatkan bahwa jati diri orang Riau dan jati diri Melayu itu adalah menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi dan nilai-nilai moderasi beragama.

“Sehingga bangunan ini menjadi simbol dan monumen yang akan mengingatkan kita semuanya, bahwa kita semua punya rumah bersama yang bernama Rumah Toleransi yang akan kita gunakan untuk merancang program-program bersama demi sepenuhnya untuk agenda-agenda kemanusiaan dan kebangsaan,” ungkap Purwaji.

“Sebagai bentuk kesungguhan Ansor atas kerja-kerja sosial dan kemanusiaan, maka PW Ansor Riau pada kesempatan ini juga melaunchingkan ambulan yang akan dimanfaatkan sepenuhnya bagi kerja-kerja sosial dan kemanusiaan tanpa memandang latar belakang suku, agama dan golongan. Semua lapisan masyarakat bisa memanfaatkannya,” tutur Purwaji lagi.

Sementara itu, H. Yaqut dalam sambutannya mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Purwaji selaku Ketua Ansor Riau dan seluruh sahabat-sahabat Ansor Riau dalam memperjuangkan semangat toleransi dan moderasi beragama melalui Rumah Toleransi ini. “Ini akan menjadi rumah bersama semua agama, toleransi jangan hanya dijadikan sebagai jargon semata, tapi benar-benar dipraktekkan dalam kehidupan kita semua,” ujar pria yang akrab disapa Gus Yaqut ini.

“Rumah Toleransi ini akan kita resmikan bersama-sama dan kita harus pegang bersama-sama, jangan sampai melenceng dari tujuannya. Rumah Toleransi harus benar-benar mampu menjadi rumah bersama, jangan sampai membuat batasan-batasan didalam Rumah Toleransi. Semangat moderasi beragama dan toleransi harus terus diperjuangkan dan digaungkan dari rumah perjuangan dan Rumah Toleransi ini,” pesannya.

Gus Yaqut berharap, semoga Rumah Toleransi PW GP Ansor Riau ini nantinya benar-benar mampu menjadi markas perjuangan seluruh anak bangsa untuk terus menyuarakan dan menda’wahkan semangat toleransi dan moderasi beragama di Negeri Melayu Ria sekaligus sebagai basecamp bagi agenda kerja-kerja kemanusiaan dan kebangsaan. ***

Editor: Wadami

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.