LAMR Dumai Beri Petuah Amanah pada Dr HM Rizal Akbar M.Phil, Calon DPD RI Nomor 20 Dapil Riau pada Pemilu 2024

Advertisements

BUALNEWS.COM — Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Dumai memberi Petuah Amanah kepada Datuk Dr HM Rizal Akbar M.Phil sebagai anak Dumai mengikuti Calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Daerah Pemilihan (Dapil) Provinsi Riau, Rabu (17/1/2023) bertempat di Gedung LAMR Dumai Jalan Putri Tujuh, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai.

Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) LAMR Dumai, Datuk  Seri H Azhar Yazid SPdi tidak dapat membendung rasa harunya, suka cita dan sangat terdengar suaranya terbata-bata menyampaikan petuah Amanah. Dalam suasana yang penuh haru, Datuk Seri  Azhar Yazid meminta Dr HM Rizal Akbar untuk tegakkan seperti alif.

“Alif, tegakkan alif, alif harus lurus.Tegakkan alif bermakna harga diri dan pantang menyerah atau yang biasa didengar  yaitu sekali layar terkembang pantang surut ke belakang,” tegasnya. Bukan tanpa sebab Datuk Yazid berpesan kepada Dr HM Rizal Akbar untuk tegakkan alif. Maju sebagai calon DPD RI mewakili masyarakat Riau bagian Pesisir adalah amanah besar yang akan diemban Dr HM Rizal Akbar.

Senada dengan itu, Datuk Setia Amanah pada masanya, Drs H Zulkifli AS M.Si dalam Petuah Amanah dari LAMR Kota Dumai menyampaikan semoga ini menjadi bekal berharga bagi Dr HM Rizal Akbar dalam perjalanan karir politiknya.

“Integritas, dedikasi, dan track record Dr HM Rizal Akbar telah menunjukkan bahwa ia memang layak bukan hanya untuk mewakili masyarakat Melayu, tetapi seluruh masyarakat dari berbagai suku di  Provinsi Riau, terutama masyarakat pesisir,” tambah Datuk Seri Amanah juga Walikota Dumai dua periode pada masanya.

Baca Juga :  Calon DPD RI No 20, Rizal Akbar Unggul Suara di Sebagian Besar TPS Kawasan Riau Pesisir

Langkah yang diambil Rizal Akbar dengan meminta petuah amanah kepada tetua adat adalah langkah yang arif dan bijak serta menjunjung tinggi budi pekerti budak pesisir. Sikap dan perilaku inilah yang mulai hilang di tanah melayu. Dengan datang ke LAMR Dumai, Dr HM Rizal Akbar mencerminkan bahwa beliau ialah seorang calon pemimpin yang memahami falsafah tunjuk ajar Melayu

“Dan semoga dengan semangat dan komitmen yang dimilikinya, Dr HM Rizal Akbar mampu meraih dan menjalankan tugasnya dengan baik dalam memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa,” tugasnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Dewan Pengurus Harian (DPH)  LAMR Dumai, Datuk Seri Drs H Zamhur Egap dan Ketua Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Dumai, Datuk Timo Kipda SH. Bagi LAMR Dumai mendoakan dan memberikan Petuah Amanah bagi anak kemanakan adalah merupakan hal harus dilakukan sebagai bentuk mengingatkan, mendoakan dan membangun spiritual untuk diberi kemudahan dalam mencapai apa yang dicita-citakan untuk kita bersama. “Apalagi Dr HM Rizal Akbar, anak Dumai dan kita berharap bisa berjuang di Senayan untuk kesejahteraan dan pembangunan daerah kita disepanjang Riau bagian Pesisir ini,” ungkapnya.

Tampak hadir dalam acara Petuah Amanah LAMR Kota  Dumai kepada Dr HM Rizal Akbar M.Phil sebagai anak Dumai mencalonkan diri sebagai DPD RI dengan Nomor 20 pada Pemilu 2024 yaitu Dr H Ahmad Rozai Akbar MH, Sekretaris DPH LAMR Dumai Datuk Seri H Januarizal S.Ag M.Pd, Sekretaris MKA LAMR Kota Dumai Wan Akhyar Abizar dan datuk-datuk LAMR se Kecamatan Kota Dumai. Rombongan Dr HM Rizal Akbar M.Phil didampingi oleh sejumlah datuk-datuk dari persukuan dibawah Forum Pembauran Kebangsaan Lembaga Kerukunan Kesukuan Masyarakat Dumai (FPK-LKKMD). ***

Baca Juga :  Selat Rupat dan Pulau Rupat Pesona Menunggu Keikhlasan dari Keberanian ( 1 )

Editor: Wadami

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *