Pengurus Sekretariat DMDI Kabupaten Kepulauan Meranti Resmi Dilantik

BUALNEWS.COM – Bupati Kepulauan Meranti H. Muhammad Adil, S.H., M.H., telah melantik sebanyak 75 orang Pengurus Sekretariat Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Kabupaten Kepulauan Meranti Masa Khidmad 2022-2027. Pelantikan berlangsung di Gedung Hijau Kantor Bupati Kepulauan Meranti Jalan Dorak Selatpanjang, pada hari Sabtu, 24 September 2022.

Pelantikan tersebut dihadiri langsung oleh Ketua Sekretariat DMDI Provinsi Riau Datuk Ir. H. Ajis bin Manaf, Ketua Biro Wanita DMDI Provinsi Riau Hj. Jahlelahwati Jaafar, S.H., dan beberapa orang pengurus. Turut serta hadir dalam pelantikan tersebut utusan dari DMDI Thailand Muhammad Hasafi dan Hamdi. Sejumlah undangan yang terlihat hadir di antaranya Staf Ahli Bupati Drs. Muhammad Mahdi, Asisten I Drs. Irmansyah, M.Si., Asisten III Sudandri Jauzah, S.H., serta beberapa kepala OPD di Lingkungan Perintah Kabupaten Kepulauan Meranti, Danramil 02 Tebing Tinggi, Danposal Selatpanjang, seluruh Penasihat, Pengurus Sekretariat DMDI Kepulauan Meranti dan tamu undangan lainnya.

Ketua Pengurus Sekretariat Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Kabupaten Kepulauan Meranti Ustadz H. Mustafa S.Ag., M.M., dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada seluruh tamu yang hadir, kepada pihak-pihak yang telah memberi bantuan dan dukungan terutama kepada Bupati Kepulauan Meranti Bapak H. Muhammad Adil, S.H.,M.M. Ucapan terima kasih juga disampaikan untuk Ketua Pengurus Sekretariat DMDI Provinsi Riau. Beliau juga menyampaikan, bahwa dalam melaksanakan aktivitasnya ke depan, organisasi yang dipimpinnya tersebut akan siap menjadi mitra pemerintah dalam membangun Kabupaten Kelulauan Meranti yang Maju, Cerdas, dan Bermartabat.

“Kami merasa tersanjung dan terhormat dengan kesediaan Bapak Bupati untuk melatik, dan kami pun siap menjadi mitranya dalam menuju pembangunan Kabupaten Kepulauan Meranti yang Maju, Cerdas, dan Bermartabat”, Kata Ustad H. Mustafa S.Ag.,M.M.

Dari pantauan Media ini Di lapangan, kegiatan Pelantikan Pengurus Sekretariat Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Kabupaten Kepulauan Meranti diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an yang dibawa oleh Qari Zufan. Serta turut juga menampilkan tari persembahan yaitu tari Makan Sirih dan juga menampilkan Joget Sonde.

Kemudian dilanjutkan ke prosesi pelantikan. Acara berlangsung dengan penuh khidmad dan meriah.

Selanjutnya Bupati Kepulauan Meranti memberikan sambutannya dengan mengucapkan selamat dan sukses kepada semua Pengurus Sekretariat DMDI Kabupaten Kepulauan Meranti yang baru saja dilantik. Bupati juga berharap organisasi yang bergerak di bidang sosial budaya dan dakwah ini bisa berbaur dengan masyarakat dalam menyerap aspirasi, memajukan perekonomian, Pendidikan dan budaya, serta ikut ikut melestarikan nilai-nilai sejarah dan mewujudkan perdamaian lewat dakwah Islamiah di Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Saya ucapakn selamat dan sukses kepada seluruh Pengurus Sekretariat DMDI Kepulauan Meranti yang baru saja dilantik. Saya juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya dan dukungan penuh atas keberadaan dan setiap gerak langkah DMDI Kepulauan Meranti”. Kata Bupati dalam sambutannya.

Menurutnya kehadiran DMDI tidak hanya dituntut untuk melaksanakan program kerjanya semata, tetapi dapat juga berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembangunan daerah serta ikut berperan dalam mengatasi berbagai permasalahan sosial di Kepulauan Meranti.

Bupati juga mengajak seluruh Pengurus Sekretariat DMDI Kepulauan Meranti untuk bersama sama mendukung visi dan misi serta kebijakan pemerintah sehingga dapat melahirkan program-program cemerlang.

“Saya berharap DMDI bisa menjadi penghubung atau jembatan antara tuntutan agama dengan realitas sosial kehidupan masyarakat Melayu di Kepulauan Meranti, dan bisa memberikan ide-ide dalam mengatasi permasalahan sosial di sini.”tutupnya.

Terakhir Bupati juga berharap organisasi yang kepengurusan terdiri dari beragam profesi ini bisa berkiprah menjadi organisasi besar yang dapat menyumbang banyak karya untuk kemajuan daerah ini.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Penguris Sekretariat Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Provinsi Riau Datuk Ir. H. Ajis bin Manaf dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti yang telah memfasilitasi acara pelantikan dan pengukuhan DMDI ini, dan ia juga berharap hubungan dan kamuniaksi antara DMDI dan pemerintah daerah Selalu solid untuk kemajuan Kabupaten Kepulauan Meranti khususnya dan seluruh masyarakat Indonesia Umumnya.

Di sisi lain, dalam sambutannya, Ketua Pengurus DMDI Provinsi Riau juga berpesan kepada seluruh pengurus yang telah resmi dilantik agar bisa menjaga marwah dan nama baik DMDI dan membangun hubungan baik kepada semua pihak tanpa memandang suku, agama, dan perbedaan lainnya.

Di sela-sela acara pelantikan, ketika ditanya komposisi kepengurusan, Sekretaris Sekretariat DMDI Kepulauan Meranti Afrizal Cik, S.Sos., M.Si., menyampaikan komposisi jumlah penasihat DMDI Kepulauan Meranti berjumlah 12 orang, Pengurus harian dan biro-biro sebanyak 75 orang. “Semua Pengurus Sekretariat DMDI Kepulauan Meranti adalah orang-orang pilihan dengan berbagai profesi, keahlian dan pengalaman. In sya Allah dengan latar belakang kami yang berbeda, tapi kami satu jiwa dan satu pemikiran untuk memajukan kebudayaan Melayu, syiar Islam, kesejahteraan sosial dan senantiasa memperpanjang silaturrahim. Keinginan dan harapan kami semua dengan perbedaan latar belakang ini adalah akan menjadi kekuatan baru yang besar bagi kemajuan Dunia Melayu Dunia Islam di Kepulauan meranti.”_ Demikian diungkapkan oleh lelaki yang akrab disapa Dato’ Je dan juga penulis buku Tanah Jantan yang Melawan.***

editor: wadami

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *