Pustaka Ibnu Sina SMAN 1 Bengkalis terima Kunjungan Sekretaris Dispersip

Advertisements

BUALNEWS.COM – SMAN 1 Bengkalis menyambut kedatangan Sekretaris dispersip beserta tim Senin (6/1). Kedatangan tim ini dalam rangka melakukan sosialisasi tentang perpustakaan dan minat baca.

Kepala SMAN 1 Bengkalis Muhammad Nur S.Pd menyambut baik kehadiran Tim yang dipimpin Sekretaris Dispersip di SMAN 1 Bengkalis.

“Selamat datang pak Drs H Elmunir Ramli beserta tim di sekolah kami. Semoga kehadiran bapak dan ibu memberikan motivasi bagi kami untuk maju di bidang perpustakaan”, jelas M Nur.

Dijelaskan oleh M Nur, pihaknya terus berbenah meningkatkan kualitas pengelolaan pustaka ke arah yang lebih baik dan standar.

“Kami sadar betul bahwa dengan perpustakaan yang baik akan dapat membuat siswa/i nyaman di pustàka dalam menggali ilmu dàn informasi koleksi cetak,” jelasnya.

Sementara itu Sekretaris Dispersip Kab Bengkalis Drs H Elmunir Ramli mengatakan bahwa Dispersip gencar melakukan sosialisaai tentang pentingnnya meningkatkan minat baca siswa.

“Kehadiran kami di SMAN 1 Bengkalis untuk melakukan sosialsasi perpustakaan menumbuhkan minat baca dan memotivasi siswa agar terbiasa dengan budàya baca di pustaka,” jelasnya.

Alumni SMAN 1 Bengkalis ini menjelaskan bahwa kabid dan pejabat fungsional pustakawan yang dibawanya akan melakukan kolaborasi langsung ke dalam kelas dan ke pustaka.

“Tadi kawan-kawan pustakawan dispersip langsung berkolaborasi ke dalam kelas X.4 menyampaikan beberapa materi sosialisasi dan kuiz dan para siswa kami lihat sangat antusias,” jelas Elmunir.

Kepala Perpustakaan Ibnu Sina SMAN 1 Bengkalis, Dra. Salbiah, M.Pd menjelaskan, perpustakaan Ibnu Sina SMAN 1 Bengkalis àkan banyàk belajar dari Dispersip Bengkalis.

“Banyak ilmu dan informasi yang kami peroleh tadi, seperti manajemen pengelolaan pustaka, pelàyanan, koleksi cetak dan elektronik, jaringan IT, sarana prasarana, membuat buku inventaris, pengklasifikasian koleksi, dan kearsipan,” jelasnya.

Baca Juga :  Andaikan Pilihan itu ke Gibran

Magister Penďidikan Bahasa Inggris UNP yang juga Koordinator MGMP guru mata Pelajaran Bahasa Inggris Kabupaten Bengkalis ini menambahkan bahwa Perpustakaan Ibnu Sina SMAN 1 Bengkalis telah difasilitasi pendaftaran NPP.

“Tadi kita sudah melakukan pendaftaran Nomor Pokok Perpustakaan di link aplikasi Perpustakaan Nasional RI yang difasilitasi tim IT dispersip Bengkalis,” jelasnya.

Ditambahkan Salbiah, saat ini baik pustaka Ibnu Sina SMAN 1 Bengkalis maupun Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab Bengkalis sedang mempersiapkan draf MOU dan MOA dua lembaga.

“Sesuai arahan pak Kepsek, kami sedang mematangkan draf memorandum of understanding dan draf memorandum of Agreement tentang perpustakaan bersama Pak Ruslan Dari Dispersip.. Mudah-mudahan dalam waktu tidak begitu lama, kedua draf ini bisa di tandatangani oleh Kadis Perpustakaan Kearsipan dan Kepala SMÀN 1 Bsngkalis,”tambah Sàlbiah.

Hadir dalam kunjungan ini selain Sekretaris Elmunir, hadir pula kabid P3KM Rospelia, 2 orang pustakawan Hj Raja Ruslin dan Heru Hardianto beserta staf Mela Yulindra.

Sementara itu pihak SMAN 1 Bengkalis hadir kepsek M Nur, ketua pustaka Salbiah dan Supi. ***

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *