Etika: Pilar Penting Dalam Kehidupan Seorang Mahasiswa

Advertisements
BUALNEWS.COM -- Bagi sebagian orang, status mahasiswa merupakan status tertinggi dan dianggap sebagai seorang yang intelek. Bahkan, di suatu tempat tertentu, mahasiswa akan selalu dielu-elukan untuk menjadi agen perubahan negara dan bangsa ini. Secara umum, mahasiswa adalah sebutan untuk seseorang yang tengah menempuh pendidikan di sebuah universitas, sekolah tinggi, hingga akademi. Meskipun begitu, tidak semua orang dapat menjadi seorang mahasiswa karena berbagai hambatan tertentu.

Menurut Hartaji (2012), mahasiswa adalah seseorang yang tengah menimba ilmu atau belajar dan terdaftar pada salah satu bentuk perguruan tinggi, yang terdiri dari akademi, politeknik, sekolah tinggi, institut, hingga universitas. Sementara itu, Siswoyo (2007) juga mengemukakan definisi mahasiswa yakni individu yang sedang menuntut ilmu di tingkat perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta, atau lembaga lain yang setingkat dengan perguruan tinggi. Lalu, menurut Daldiyono (2009), mahasiswa adalah seseorang yang sudah lulus dari Sekolah Menengah Akhir (SMA) dan tengah menempuh pendidikan tinggi. Mahasiswa biasanya dinilai memiliki tingkat intelektualitas yang tinggi, kecerdasan dalam berpikir, serta perencanaannya dalam bertindak. Maka dari itu, berpikir kritis dan bertindak secara cepat serta tepat menjadi sifat yang cenderung melekat pada diri setiap mahasiswa.

Etika memiliki peran yang sangat signifikan dalam kehidupan seorang mahasiswa. Sebagai individu yang sedang menempuh pendidikan tinggi, mahasiswa memiliki tanggung jawab untuk mempraktikkan nilai-nilai etika yang baik dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam pergaulan, interaksi dengan dosen dan teman sejawat, serta dalam kegiatan akademik dan profesional. Dalam konteks akademik, etika sangat penting karena mempengaruhi cara mahasiswa berpikir, berperilaku, dan berinteraksi dengan orang lain. Etika akademik memastikan bahwa mahasiswa berperilaku dengan jujur, transparan, dan profesional dalam menyelesaikan tugas dan proyek, serta dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan. Dengan demikian, etika akademik membantu mahasiswa membangun reputasi yang baik dan meningkatkan kesadaran diri tentang pentingnya kejujuran dan integritas dalam berbagai aspek kehidupan.

Selain itu, etika juga sangat relevan dalam kehidupan pergaulan mahasiswa. Etika yang baik membantu mahasiswa dalam berinteraksi dengan orang lain, termasuk dosen, teman sejawat, dan masyarakat, dengan cara yang sopan, santun, dan hormat. Dengan demikian, etika membantu mahasiswa membangun hubungan yang baik dan meningkatkan kesadaran diri tentang pentingnya kejujuran dan kesetiannya dalam berbagai aspek kehidupan. Dalam beberapa hal, etika bagi mahasiswa juga terkait dengan peran mereka sebagai agen perubahan dan panutan. Sebagai individu yang terpelajar dan siap menjadi contoh bagi yang lain, mahasiswa memiliki tanggung jawab untuk mempraktikkan nilai-nilai etika yang baik dan menjadi contoh bagi teman sejawat dan masyarakat. Dengan demikian, etika membantu mahasiswa membangun reputasi yang baik dan meningkatkan kesadaran diri tentang pentingnya kejujuran dan kesetiannya dalam berbagai aspek kehidupan.

Dengan etika mahasiswa dapat berperilaku sopan dan santun terhadap siapa pun dan apapun itu. Sebagai seorang mahasiswa yang beretika, mahasiswa harus memahami kebebasan dan tanggung jawab, karena banyak mahasiswa yang apabila sedang berdemonstrasi memaknai kebebasan dengan kebebasan yang tidak bertangung jawab.

Dalam kesimpulan, pentingnya etika bagi seorang mahasiswa tidak dapat dipandang remeh. Etika membantu mahasiswa membangun reputasi yang baik, meningkatkan kesadaran diri tentang pentingnya kejujuran dan kesetiannya, serta membangun hubungan yang baik dengan orang lain. Oleh karena itu, etika harus menjadi bagian integral dari kehidupan seorang mahasiswa, dan mereka harus mempraktikkan nilai-nilai etika yang baik dalam berbagai aspek kehidupan. ***

Penulis: Lisma Yuni, Mahasiswa STIE Syariah Bengkalis

Baca Juga :  Tantangan dan Dampak Inflasi di Indonesia

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *