Membangun Mental Intrepeneur

Advertisements


BUALNEWS.COM — Menjadi mahasiswa tidak terus-menerus membahas tentang perkuliahan. Namun mahasiswa bisa juga mengerjakan hal lain yang tentunya tidak mengganggu aktivitas perkuliahan salah satunya adalah berbisnis.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), ekonomi Indonesia kuartal I-2024 tumbuh sebesar 5,11 persen secara year-on-year. Struktur pengeluaran PDB masih didominasi konsumsi rumah tangga dengan porsi mencapai 54,93%, investasi (Pembentukan Modal Tetap Bruto/PMTB) 29,31%, ekspor barang dan jasa 21,37%, konsumsi pemerintah 6,25%, serta lembaga non profit yang melayani rumah tangga (LNPRT) 1,43%.

Oleh karena itu, dengan terus meningkatkan wirausaha melalui kebijakan yang tepat dan lingkungan bisnis yang kondusif diharapkan lapangan kerja semakin terbuka lebar, dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan akhirnya ikut mendorong kontribusi konsumsi masyarakat, sehingga mengangkat pertumbuhan ekonomi terutama di Indonesia yang berkelanjutan dan inklusif.

Lahirnya generasi entrepreneur di kalangan anak muda atau milenial saat ini, tentunya sangat baik dan menjadi kontribusi positif bagi bangsa ini. Hal ini dikarenakan salah satu tanda negara maju juga adalah sejauh mana tradisi kemandirian di kalangan masyarakatnya, salah satunya dengan cara berbisnis. Dengan berwirausaha, setiap orang terutama dikalangan mahasiswa dapat mengembangkan potensi dirinya, membuka kesempatan bagi orang banyak untuk dapat bekerja, dan akan melakukan pemberdayaan lebih luas. Sebab seorang wirausaha, dipastikan membutuhkan orang lain untuk menopang usaha yang dirintisnya. Tidak ada pengusaha yang mengurus seluruh aspek usahanya sendirian melainkan membutuhkan bantuan dari orang lain.

Sering sekali kita mendengar ungkapan orang “lulus kuliah melamar kerja” dan dari kata-kata ini tidak ada salahnya saa sekali, tetapi lebih tepatnya kalau sebelum lulus udah punya bisnis lebih keren bukan? Tentunya ketika sudah lulus kuliah yang kita cari adalah pekerjaan karena tugas kuliah udah selesai.

Baca Juga :  Alam Melayu dari Sudut Pemikiran dan Pengertian

Namun untuk bisa lebih produktif lagi mahasiswa bisa mempelajari dan explorasi tentang wirausaha apalagi mahasiswa ekonomi yang sehari-harinya bahas bisnis dan sebagainya. Ada beberapa alasan kenapa mahasiswa harus berwirausaha diantaranya:
• Membangun sikap mental intrepeneur
• Menumbuhkan motivasi kewirausahaan di kalangan mahasiswa
• Meningkatkan sense of business anak muda terutama mahasiswa ekonomi
• Menumbuhkembangkan enterpreneur baru yang berwawasan tinggi
• Membangun jejaring bisnis antara mahasiswa

Oleh karena itu, mengapa mahasiswa perlu berwirausaha diusia muda, karena dengan poin-point tersebut mahasiswa yang masih berusia muda bisa mengembangkan pemikirannya untuk masa depan lebih cepat daripada mahasiswa yang hanya memikirkan kuliah saja. Apalagi bonus demografi di Indonesia yang akan sangat berpotensi di masa yang akan datang sehingga yang kita butuhkan kedepannya bukan hanya pekerja namun bagaimana menciptakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya agar kualitas sumber daya manusia seimbang dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Jangan sampai peluang bonus demografi ini justru akan menjadi ancaman yang mengakibatkan sulitnya mendapatkan lapangan pekerjaan dan ketidakmampuan negara untuk memfasilitasi hal tersebut.

Penulis: Mardiana, Mahasiswa STIE Syariah Bengkalis

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *