Pertumbuhan Ekonomi di Bengkalis

Advertisements
BUALNEWS.COM -- Pertumbuhan ekonomi merupakan kondisi perekonomian suatu daerah mengalami proses peningkatan kearah lebih baik lagi dari keadaan sebelumnya selama periode tertentu. Pertumbuhan ekonomi menjadi bagian penting dalam setiap daerah, dimana pertumbuhan ekonomi menjadi tolak ukur dalam mensejahterakan masayarakat. Target dalam pertumbuhan ekonomi yang bertujuan mempercepat pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masayarakat. 

Menurut Negara dan Putri (2020) mengatakan keadaan perekonomian secara umum sangat berpengaruh terhadap kondisi masyarakat secara luas, dengan semakin baiknya kondisi perekonomian, akan sangat berpeluang besar bagi masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan hidupnya. Dapat didefinisikan bahwa tingkat kesejahteraan masyarakat yang baik dapat memberi bentuk perekonomian secara umum yang baik pula pada saat tertentu.

Dalam melakukan upaya peningkatan pertumbuhan ekonomi, pemerintah daerah masih perlu pendanaan dalam membangun suatu daerah. Tidak hanya mengandalkan pendanaan pusat, pemerintah daerah perlu menggali sumber-sumber potensi yang ada di daerah dan berusaha meningkatkan pertumbuhan ekonomi lebih baik serta memberikan pemasukan daerah sebagai modal untuk membiayai pembangunan daerah.

Pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bengkalis, Riau, Indonesia, telah mengalami perkembangan positif dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2021, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bengkalis tumbuh positif dengan sektor migas sebesar 0,51% dan tanpa migas sebesar 4,7%. Hal ini merupakan peningkatan signifikan dibandingkan dengan tahun sebelumnya, di mana pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bengkalis mengalami kontraksi.

Kabupaten Bengkalis memiliki peran penting dalam perekonomian Riau. Pada tahun 2020, PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) Kabupaten Bengkalis mencapai Rp 115,88 triliun, yang setara dengan 15,82% dari total PDRB seluruh kabupaten/kota di Riau.

Baca Juga :  Konsep Economi Value of Time Dalam Ekonomi Islam

Sektor pertambangan dan penggalian, terutama produksi minyak, merupakan kontributor terbesar terhadap perekonomian Kabupaten Bengkalis. Selain itu, peningkatan produksi minyak dan harga minyak dunia serta harga komoditas ekspor seperti CPO juga memberikan stimulus bagi pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bengkalis.

Faktor-faktor Pertumbuhan Ekonomi di Bengkalis
Beberapa faktor yang berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi di Bengkalis antara lain:

  1. Peningkatan produksi minyak dan harga minyak dunia serta harga komoditas ekspor andalan seperti CPO.
  2. Kontribusi sektor pertambangan dan penggalian, terutama produksi minyak.
  3. Stimulus dari target pertumbuhan ekonomi nasional dan provinsi.
    Potensi Pertumbuhan Ekonomi di Bengkalis
    Kabupaten Bengkalis memiliki potensi untuk terus mengembangkan pertumbuhan ekonominya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah pengembangan Kecamatan Bandar Laksamana sebagai pusat pertumbuhan ekonomi, dengan alokasi anggaran yang telah disiapkan di APBD 2023.
    Pemerintah Kabupaten Bengkalis juga mendukung upaya perluasan dan percepatan elektronisasi transaksi ke daerah sebagai bagian dari transformasi digital dan pertumbuhan ekonomi nasional.
    Ekonomi Kabupaten Bengkalis menunjukkan pertumbuhan yang positif dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini didorong oleh sektor migas dan non-migas. Meskipun data lengkap untuk tahun 2022 belum tersedia, namun pertumbuhan ekonomi diprediksikan masih positif.

Penulis: Yetma Sari, Program Studi Akuntansi Syari’ah STIE Syari’ah Bengkalis

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *