IAITF Dumai, UiTM Melaka Kolaborasi Internasional dengan Mufti Negeri Melaka

Advertisements

BUALNEWS.COM — IAITF Dumai, UiTM Cawang Melaka  melakukan kunjungan dan kolaborasi Internasional dengan  Pejabatan Mufti Negeri Malaka dalam mempelajari ilmu falak di Balai Cerap Al-Khawarizmi Tanjung Bidara, Melaka, Malaysia, Rabu (14/06/2023).

Pertemuan di auditorium Jabatan Mufti Negeri Melaka, Komplek Falak Al Khawarizmi dihadiri langsung Mufti Negeri Melaka, Datuk Wira Haji Abdul Halim bin Tawil, Rektor IAITF Dumai Dr H Ahmad Rozai Akbar MH, Ketua Yayasan Tafaqquh Fiddin Dumai Dr HM Rizal Akbar M.Phil dan sejumlah dosen UiTM Cawang Melaka.

Mufti Negeri Melaka, Datuk Wira Haji Abdul Halim bin Tawil dalam sambutannya menyambut baik kedatangan dosen dan mahasiswa IAITF Dumai dan menjelaskan kalau Komplek Falak Al Khawarizmi dibangun sejak 2022 dan sekarang juga masuk dalam kategori wisata Islam serta pendidikan.

“Komplek ini paling lengkap dan canggih semoga bisa memberikan manfaat dari kunjungan akademik ini dalam menjaga silaturahim. Apalagi  banyak hal yang bisa dikongsikan dalam menambah wawasan bagi kalangan mahasiswa dan pensyarah. Apalagi komplek resmi untuk menentukan anak bulan dan banyak hal yang bisa dikerjasama dalam jaulah ilmu falak,” ungkapnya.

Mufti Negeri Melaka juga menjelaskan penglihatan anak bulan sesuai dengan peralatan dengan orang diberikan amanah oleh kerajaan. Selain itu, Mufti juga mengatakan kerjasama dalam menjaga akidah dan generasi muda adalah menjadi penting. Apalagi hal ini juga menjadi tantangan dalam menjaga agama. Di Malaysia maka mufti adalah jabatan dalam menjaga agama. Artinya, orang Islam harus menjaga agamanya.

Senada dengan itu, Ketua Yayasan Tafaqquh Fiddin Dumai, Dr HM Rizal Akbar M.Phil didampingi Rektor IAITF Dumai, Dr H Ahmad Rozai Akbar MH mengatakan sangat berterima kasih atas sambutan baik dan buat kedepannya bisa ditindaklanjuti. “Semoga Allah SWT berikan keberkahan dan kemudahan untuk kedepannya dalam mengembang keilmuan Ilmu Falak kepada mahasiswa kami,’ tegasnya.

Baca Juga :  UITM Melaka Laksanakan Program USR di MAN 1 Dumai, Januarizal: Motivasi Siswa Kita

Kemudian rombongan diajak melihat film astronomi, melihat galeri dan  melihat menara teropong anak bulan yang berada dipinggir dan menghadap langsung Selat Melaka. Rombongan IAITF Dumai dan UiTM Melaka memanfaatkannya dengan foto bersama dan diabadikan buat pulang ke Kota Dumai, Riau. Kegiatan ditutup dengan makan bersama dengan Ketua Mufti Negeri Melaka, Datuk Wira Haji Abdul Halim bin Tawil.***

Editor: Wadami

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *