Kesadaran Menjaga Kesehatan Lingkungan

Advertisements

BUALNEWS.COM — Menjaga kesehatan lingkungan merupakan suatu kewajiban bagi setiap individu. Tujuannya adalah untuk terhindar dari penyakit dan terkadang pada saat kita dalam keadaan sehat, kita lupa akan nikmat tersebut. Baru ketika sakit kita sadar dan merasakan betapa kesehatan itu sangat berharga.

Tubuh yang sehat bisa didapatkan dari pola hidup yang sehat pula, seperti berolahraga secara teratur, menkomsumsi makananan bergizi, dan lingkungan yang sehat dan bersih. Lingkungan yang sehat terkadang sering tidak kita perhatikan karena kesibukan dalam aktivitas-aktivitas kita sehingga lingkungan sekitar kita tidak dijaga kebersihannya.

Akibat dari lingkungan yang tidak sehat dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, salah satu contohnya yaitu lingkungan yang kotor dapat menjadi sarang nyamuk sehingga dapat mengakibatkan nyamuk berkembang dan menimbulkan penyakit deman berdarah (DBD) yang dapat menyebabkan kematian.

Di Indonesia, masalah kebersihan lingkungan selalu menjadi masalah yang terus berkembang hingga saat ini. Kasus-kasus yang menyangkut masalah kebersihan lingkungan setiap tahunnya terus meningkat maka dari itu, lingkungan akan lebih baik jika semua orang sadar dan bertanggungjawab akan kebersihan lingkungan, karena hal itu harus ditanamkan sejak dini, di sekolah pun kita telah diajarkan untuk selalu menjaga kebersihan.

Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah yang kini sedang dibahas kembali didedikasikan untuk menjaga kebersihan lingkungan. Berbagai regulasi pendukung sebetulnya sudah ada. Namun, kehidupan perkotaan menjadikan kapasitas sampah terus meningkat. Dibutuhkan perubahan regulasi untuk mengatur pengelolaan sampah yang kian tak terkendali.

Solusi dalam menjaga kesehatan lingkungan sekitar adalah dengan cara, Sampah sebaiknya di buang ke tong sampah, Membersihkan selokan dari sampah-sampah, Melakukan kegiatan kerja bakti, Menyediakan tong sampah yang terbagi atas sampah organik dan non organi dan Tanam tanaman agar udara tetap segar dan bersih. ***

Baca Juga :  Mutiara Sejarah Rempang Buat NKRI

Penulis: Agitra, Mahasiswa STIE Syariah Bengkalis

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *