Gelar Workshop Pengembangan Kurikulum MBKM Berbasis OBE, Jurusan Ilmu Komunikasi UNRI Diharapkan Capai Akreditasi Internasional

Advertisements

BUALNEWS.COM — Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) Universitas Riau melaksanakan workshop di Hotel Royal Asnof Pekanbaru. Workshop yang mengusung tema “Pengembangan Kurikulum MBKM (Medeka Belajar Kampus Merdeka) berbasis OBE (Outcome Based Learning)” digelar selama 2 hari dimulai dari tanggal 30 Mei s/d 31 Mei 2023.

Pembukaan Workshop yang dimulai pukul 09.00 WIB diawali dengan kata sambutan oleh ketua pelaksana kegiatan workshop yakni Dr. Noor Efni Salam, M.Si, dilanjutkan dengan kata sambutan Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi, Dr. Rumyeni S.Sos., M.Si, serta kata sambutan sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik (FISIP) yakni Dr. Meyzi Heriyanto, S.Sos., M.Sc. Beliau sangat mendukung dan mengapresiasi dengan terselenggaranya kegiatan ini, hal ini diungkapkan dalam kata sambutan beliau

“Hari ini kami atas nama fakultas mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi kepada jurusan ilmu komunikasi yang sudah mulai memikirkan kualitas program studi. Jurusan Ilmu Komunikasi sudah masuk dalam salah satu program studi yang akan terakrediasi Internasional, harapan dengan adanya kegiatan ini dapat menunjang dan mempecepat akreditasi internasional bagi Jurusan Ilmu Komunikasi melalui perbaikan kurikulum MBKM berbasis OBE ”.

Peserta kegiatan workshop ini ialah seluruh dosen Jurusan Ilmu Komunikasi UNRI serta beberapa undangan lainnya. Narasumber Workshop “Pengembangan Kurikulum MBKM berbasis OBE” ini menghadirkan Dr. Muhammad Sulhan dan Prof. Reni Suryanita, ST., MT., PhD.

Setelah acara pembukaan, dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumberr Dr. Muhammad Sulhan, beliau menjelaskan penyusunan kurikulum serta hal-hal yang diperhatikan dalam penyusunan kurikulum sesuai dan berpedoman pada buku panduan MBKM. “Bukan hal yang tidak mungkin jurusan ilmu komunikasi terakreditasi Internasional dalam waktu dekat jika semua hal yang sudah kita bahas dalam workshop ini dijalankan dan dicreate dengan baik, maka akreditasi internasional hanya tinggal menunggu waktu saja”

Baca Juga :  Belum Tahu, Ini Cara Melacak Lokasi Orang Pakai Nomor HP dengan Mudah

Kegiatan workshop dilanjukan keesokan harinya dengan narasumber kedua yakni Prof. Reni Suryanita, ST., MT., PhD. Beliau menjelaskan mengenai penyusunan RPS berbasis (OBE) sesuai pedoman MBKM. Tidak hanya itu, peserta workshop juga diminta untuk mendiskusikan beberapa mata kuliah yang dapat didatarkan sebagai mata kuliah MBKM.

Kegiatan workshop yang berlangsung selama 2 hari ini berjalan lancar, hal ini sejalan dengan yang diharapkan oleh Ketua Jurusan Ilmu Komunikasi UNRI, Dr. Rumyeni, S.Sos., M.Sc yang ditemui setelah selesai kegiatan “Alhamdulillah kegiatan workshop ini berjalan dengan lancar. Melalui workshop ini, semoga apa yang kita harapkan mulai dari pemahaman tentang berbagai aspek penting dalam pengembangan kurikulum MBKM berbasis OBE dan strategi desain kurikulum yang efektif, metode evaluasi yang relevan, serta pendekatan pembelajaran yang dapat mendukung perkembangan kompetensi peserta didik dijawab tuntas oleh narasumber kita. Satu lagi, semoga keinginan Pak Meyzi selaku dekan FISIP dan keinginan kita bersama untuk menjadikan Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Riau terakreditasi Internasional dapat terealisasi.” ***

Editor: Wadami

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *