Dosen dan Mahasiswa STIE Syariah Bengkalis Laksanakan Pengabdian di Seangtham Witia Thailand

Advertisements

BUALNEWS.COM — Dosen STIE Syariah Bengkalis melaksanakan program pengabdian masyarakat di pondok pesantren Seangtham Witia di Thailand. Jum’at, 16/08/2024 Program pengabdian ini bertujuan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dalam bidang pendidikan Islam serta memperkuat hubungan antara Indonesia dan Thailand, khususnya dalam konteks pendidikan.

Ketua STIE Syariah Bengkalis, Dr Khodijah Ishak, S.HI, M.E.Sy menyatakan bahwa egiatan ini berhasil membuka wawasan para santri tentang peluang kewirausahaan berbasis prinsip syariah. ”Tim kami tidak hanya memberikan pelatihan pembuatan produk halal, tetapi juga mendampingi santri dalam merancang model bisnis yang sesuai dengan ekonomi Islam,” ungkapnya.

Pengabdian ini kata Dr Khodijah, diharapkan dapat membuat para santri mampu mengembangkan beberapa produk halal inovatif, seperti keripik buah dengan resep khas Thailand, aneka makanan ringan berbahan dasar lokal dan bahkan membentuk koperasi pesantren untuk mengelola dan memasarkan produk-produk tersebut.

Kegiatan ini sejalan dengan kebijakan STIE Syariah Bengkalis yang mendorong perguruan tinggi untuk melakukan kerjasama internasional dalam rangka memperkuat Tri Dharma Perguruan Tinggi pada pengabdian masyarakat.

Para dosen memberikan pembinaan kepada para santri dan pengajar di pondok pesantren tersebut. Pengabdian dosen dan mahasiswa ini bertema “Ekonomi Kreatif Islam: Inovasi Produk Halal untuk Pemberdayaan Siswa”. Adapun dosen yang melaksanakan pengabdian di Pondok Pesantren Seangtham Witia yaitu: Ahmad Shirotol, SH., MH, Dr. Mashuri, M.Env, Muhammad Fadhil Junery, S.EI., M.E.Sy, Ade Suhartini, S.EI., M.E dan Jhon Suhadi, S.Akun., M.Ak. Dalam melaksanakan kegiatan ini melibatkan mahasiswa STIE Syariah Bengkalis sebanyak 12 orang.

Baca Juga :  STIE Syariah Bengkalis Gelar Forum Bicara Ekonomi Melayu: Bengkalis dan Selat Melaka Pusat Perdagangan Ekonomi Melayu

Pihak pondok pesantren menyambut baik inisiatif ini. Ustadz Bahruddin Binyusoh, pimpinan Pondok Pesantren Seangtham Witia, mengungkapkan, “Kami sangat mengapresiasi kunjungan dan sharing ilmu dari rekan-rekan dosen STIE Syariah Bengkalis Indonesia. Ini merupakan langkah positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di pesantren kami terutama di bumi melayu patani ini.” Terangnya

Kegiatan ini merupakan bukti nyata komitmen STIE Syariah Bengkalis dalam mengimplementasikan kebijakan dan memperkuat posisinya sebagai institusi pendidikan tinggi yang berwawasan global. Pengabdian ini dilaksanakan pada tangal 06 Agustus 2024 berlangsung dari jam 07.30 waktu Thailand dan di ikuti oleh siswa serta tenaga pendidik yang berada di pondok pesantren tersebut. ***

Editor: Wadami

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *