Pengaruh Teknologi Komunikasi dan Informasi Terhadap Kehidupan Masyarakat

Advertisements
BUALNEWS.COM -- Kehidupan manusia yang bermula dari kesederhanaan kini menjadi kehidupan yang bisa dikategorikan sangat modern. Di jaman yang semakin canggihnya teknologi informasi dan komunikasi yang berkembang  saat sekarang, segala sesuatu dapat diselesaikan dengan cara-cara yang praktis. Teknologi informasi dan komunikasi adalah sesuatu yang bermanfaat untuk mempermudah semua aspek kehidupan manusia. Dunia informasi saat ini seakan tidak bisa terlepas dari teknologi. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi oleh masyarakat menjadikan dunia teknologi semakin lama semakin canggih.

Dunia informasi saat ini seakan tidak bisa terlepas dari teknologi. Penggunaan teknologi oleh masyarakat menjadikan dunia teknologi semakin lama semakin canggih. Komunikasi yang dulunya memerlukan waktu yang lama dalam penyampaiannya, kini dengan teknologi segalanya menjadi sangat cepat dan seakan tanpa jarak.

Dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat ini, pepatah yang menyatakan bahwa“Dunia tak selebar daun kelor” sepantasnya berubah menjadi “Dunia seakan selebar daun kelor”. Hal ini disebabkan karena semakin cepatnya akses informasi dalam kehidupan sehari-hari. Kita bisa mengetahui peristiwa yang sedang terjadi di daerah lain atau bahkan di negara lain, misalnya Amerika Serikat walaupun kita berada di Indonesia.

Pengaruh teknologi komunikasi dan informasi terhadap kehidupan masyarakat telah menjadi sangat signifikan. Dalam era digital ini, teknologi telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari. Kemajuan teknologi komunikasi dan informasi telah membantu meningkatkan kemudahan akses informasi, mempercepat komunikasi, dan mempermudah berbagai aspek kehidupan manusia.

Penggunaan teknologi seperti internet, smartphone, dan media sosial telah memungkinkan masyarakat untuk mendapatkan informasi secara cepat dan lengkap. Hal ini telah mempengaruhi cara masyarakat berinteraksi, berkomunikasi, dan berbisnis. Teknologi telah membantu masyarakat untuk mengakses informasi dari berbagai sumber, sehingga meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat.

Selain itu, teknologi telah juga mempengaruhi cara masyarakat berinteraksi. Media sosial, misalnya, telah menjadi sangat populer di kalangan masyarakat, memungkinkan mereka untuk berbagi ide, mengekspresikan diri, dan berkomunikasi dengan orang lain secara lebih efektif. Hal ini telah membantu meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat, serta mempermudah berbagai aspek kehidupan.

Namun, pengaruh teknologi komunikasi dan informasi juga memiliki dampak negatif. Misalnya, terlalu bergantung pada teknologi dapat menyebabkan masyarakat menjadi kurang aktif secara fisik dan sosial. Selain itu, teknologi juga dapat menyebabkan masyarakat menjadi kurang berfokus pada kehidupan sehari-hari dan lebih banyak berfokus pada virtual.

Teknologi informasi dan komunikasi telah membuat semakin sulit untuk melindungi anak-anak dari pengaruh buruk konten di internet. Anak-anak dapat dengan mudah mengakses konten dewasa yang dapat berimbas pada peniruan perilaku buruk. Penggunaan teknologi yang berlebihan dapat menyebabkan ketergantungan, seperti kecanduan game atau media sosial, yang dapat mempengaruhi kesehatan mental dan sosial. Sehingga Penggunaan teknologi dapat mengancam privasi dan keamanan data, seperti identitas dan informasi pribadi, yang dapat dimanfaatkan untuk tujuan yang tidak diinginkan

Dalam kesimpulan, pengaruh teknologi komunikasi dan informasi terhadap kehidupan masyarakat sangat signifikan. Teknologi telah membantu meningkatkan kemudahan akses informasi, mempercepat komunikasi, dan mempermudah berbagai aspek kehidupan manusia. Namun, penggunaan teknologi juga harus dilakukan dengan bijak agar tidak menyebabkan dampak negatif. ***

Penulis: Nur Hanani, Mahasiswa STIE Syariah Bengkalis

Baca Juga :  Konsep Economi Value of Time Dalam Ekonomi Islam

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *