Ibu Kota Baru RI Namanya Nusantara

Advertisements

BUALNEWS.COM – Pemerintah kian serius memindahkan ibu kota negara (IKN) baru ke Kalimantan Timur. Ini lokasi ibu kota negara yang dinamakan Nusantara.

Lokasi ibu kota negara yang baru berada di Kabupaten Penajam Paser Utara demikian pula dengan llokasi Istana Negara dan kantor pemerintah pusat juga rencananya dibangun di PPU

Di Kukar, lahan untuk ibukota baru berada di Kecamatan Samboja. Sedangkan di Penajam Paser Utara, lahan untuk ibu kota baru terletak di Kecamatan Sepaku.

Ibu kota baru itu didesain untuk menampung 1,5 juta penduduk yang berada di atas lahan seluas 40 ribu hektare.

IKN Nusantara akan jadi satuan pemerintahan daerah yang bersifat khusus setingkat provinsi yang wilayahnya jadi tempat kedudukan ibukota negara sebagaimana ditetapkan dan diatur dalam undang-undang.

Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan Nusantara sebagai nama IKN baru di Kalimantan Timur dinilai sudah dikenal sejak lama.

Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan Jokowi baru saja menyetujui nama ibu kota negara pada Jumat (14/1) yang lalu. Dia menyebut Jokowi setuju dengan nama Nusantara.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintahkan nama ibu kota negara (IKN) baru di Kalimantan Timur adalah ‘Nusantara’. Hal itu dikatakan oleh Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa menyebut ibu kota tersebut akan berbentuk pemerintah daerah bersifat khusus setingkat provinsi.

Untuk diketahui, Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengumumkan nama Ibu Kota baru Indonesia yakni Nusantara saat rapat Panja RUU Ibu Kota Negara (IKN). Dia menyebut nama tersebut sudah disetujui oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). ***

Baca Juga :  Rektor IAITF Dumai Lantik Dekan Tarbiyah dan Ketua Prodi Manajemen Pendidikan Islam

Editor: Wamida

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *