Prof Dr KH Said Aqil Husin Al Munawar MA Beri Kuliah Ilmu Secara Zoom di IAITF Dumai

BUALNEWS.COM — Guru besar Prof Dr KH Said Aqil Husin Al Munawar MA memberi kuliah Ilmu secara zoom di IAITF Dumai dalam satu rangkaian kegiatan lawatan akademik kunjungan Universiti Teknologi Mara (UiTM) Melaka ke Kampus IAITF Dumai dan UIN Suska Riau, Rabu (16/5/2023)  pukul 20.00 WIB.

Dalam paparannya, Prof Dr KH Said Aqil Husin Al Munawar MA menjelaskan secara panjang lebar dan mendalam terkait ekonomi Islam yang menjelaskan kalau ekonomi Islam itu adalah intinya transaksi.

“Oleh sebab itu, prof mengatakan kenapa ekonomi itu penting disebabkan ekonomi akan mengantarkan kesejateraan dan kesejahteraan akan melahirkan kenyamanan dan ketentraman,”  jelasnya.

Dia juga menjelaskan tentang riba ada unsur kezaliman sekecil apa pun maka harus ditinggalkan. Maka harus dilapisi oleh maqasid syariah demi kemaslahatan. Ingatlah, Allah SWT tidak haramkan dan tidak halalkan karena pastilah ada kemaslahatannya. Alquran memiliki kandungan yang luar biasa bagi umat manusia.

“Demikian pula dalam menyikapi perbedaan jangan dipaksakan tapi doakan dapat rahmat Allah SWT. Sebab kebenaran itu adalah milik Allah SWT sehingga perlu ilmu. Apalagi Imu Islam itu sangat luas sekali maka keluas itu harus kita cari terus dan kita tidak boleh merasa cukup dengan ilmu yang kita punya. Kalau kita sudah merasakan cukup dengan ilmu disitulah ada kebodohan,” tegasnya.

Kuliah ilmu kemudian ditutup dengan Prof Dr KH Said Aqil Husin Al Munawar MA kemudian ditutup dengan doa dan mengijazahkan kepada seluruh peserta atas doa dimudahkan untuk menghafal sehingga bisa memberikan kemaslahatan dan kemudahan dalam menuntut ilmu. ***

Editor: Wadami

Baca Juga :  Ziarah Makam Bapak dan Datuk

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *